Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizPrabowo Optimis Hilirisasi Bawa Ekonomi RI Tumbuh Dua Digit

Prabowo Optimis Hilirisasi Bawa Ekonomi RI Tumbuh Dua Digit

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto mengaku optimis pertumbuhan ekonomi Indonesia akan mencapai angka dua digit. Hal tersebut bukan tidak mungkin untuk dicapai, jika hilirisasi konsisten untuk dilakukan.

“Dengan hilirisasi saya kok optimis pertumbuhan ekonomi kita jangan-jangan bisa 2 angka, bisa dua digit,” kata Prabowo dalam acara Dialog Bersama KADIN sebagaimana dikutip Holopis.com, Jumat (12/1).

Setidaknya, terdapat 21 komoditas yang perlu dilakukan hilirisasi. Meski dirinya tidak merinci 21 komoditas tersebut, namun ia mencontohkan salah satunya adalah hilirisasi komoditas bauksit.

Prabowo menyebut, nilai tambah yang bisa diperoleh negara dari hilirisasi komoditas bauksit ini bisa berlipat hingga ratusan persen. Misalnya dengan mengolah bahan mentah bauksit jadi alumina lalu menjadi alumunium.

“Contoh bauksit, bahan untuk alumina, diolah dari bauksit ke alumina naiknya sudah sekian ratus persen. Dari alumina diolah lagi jadi aluminium, naik lagi sekian ratus persen,” jelasnya.

Aluminium, kata dia, merupakan bahan baku yang digunakan pada mobil, motor, TV, hingga pesawat terbang. Menurutnya, Indonesia tidak boleh lagi melakukan ekspor bahan mentah, lalu mengimpor produk jadi dari luar negeri.

“Kita jual gelondongan, kita impor mobil, tapi ini tidak bisa lagi, jadi strateginya ya hilirisasi di 21 komoditas,” tukasnya.

Oleh karena itu, Ketua Umum Partai Gerindra itu memastikan akan melanjutkan strategi hilirisasi yang telah dikerjakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini. Bahkan Prabowo mengklaim, telah memiliki peta dan rencana hilirisasi untuk 21 komoditas tersebut.

“Ini sudah kita petakan, kita butuh kurang lebih investasi US$545 miliar untuk 21 komoditas, dan kalau kita lihat satu per satu komoditas tersebut, nilai tambahnya akan naik berpuluh kali,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

IHSG Diproyeksi Menguat, Bakal Cetak Rekor Lagi?

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Surya Wijaya memproyeksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini bakal menguat pada rentang 7.878—7.957.

Tambah Sajian Kuliner, PT JMRB Resmi Hadirkan Gerai Eats and Co di Travoy Hub

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebagai bentuk mendongkrak kebutuhan pengunjung dari...

Australia Hentikan Penyelidikan Antidumping Produk Nanas Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pemerintah Australia memutuskan untuk menghentikan penyelidikan...

IHSG Melesat Usai BI dan The Fed Turunkan Suku Bunga

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Sesi I hari ini, Kamis (19/9), melesat hingga berhasil tembus level resistance 7.900.