HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Pemuda Nasional di India diperingati pada 12 Januari di setiap tahunnya. Simak sejarahnya dan perayaannya di artikel ini.

Hari Pemuda Nasional India itu sendiri juga dikenal sebagai Vivekananda Jayanti, dimana peringatan itu merupakan hari ulang tahun seorang biksu Hindu bernama Swami Vivekananda.

Pemerintah India sendiri menetapkan pada tahun 1984, bahwa hari Pemuda Nasional diperingati di setiap tahunnya di India.

Sejarah Hari Pemuda Nasional India

Pada tahun 1984, pemerintah India mengeluarkan keputusan untuk memperingati hari lahir Swami Vivekananda yang agung, yang jatuh pada tanggal 12 Januari.

Seiring dengan hari ulang tahun yang jatuh di tanggal tersebut, pemerintah India akhirnya mendeklarasikan bahwa 12 Januari diperingati sebagai Hari Pemuda Nasional India.

Dengan adanya perayaan ini, pemerintah India berharap bahwa Swami Vivekananda bisa jadi sumber inspirasi yang besar untuk Pemuda India.

Ada pun perayaan Hari Pemuda Nasional ini diperingati di seluruh India di sekolah dan perguruan tinggi, dengan prosesi, pidato, musik, konvensi pemuda, seminar dan lain sebagainya.