HOLOPIS.COM, JAKARTA – Minum air putih sebelum tidur merupakan kebiasaan sederhana yang dapat memberikan dampak positif pada kesehatan. Meskipun terdengar simpel, manfaat dari kebiasaan ini sangatlah besar bagi tubuh.

Berikut sejumlah manfaat luar biasa yang bisa didapat dengan minum air putih sebelum tidur;

Meningkatkan Hidrasi Tubuh

Minum air sebelum tidur membantu meningkatkan tingkat hidrasi tubuh. Saat tidur, tubuh masih membutuhkan cairan untuk menjaga fungsi organ-organ yang penting.

Air putih ini akan membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, yang mendukung kerja organ dan sel-sel tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung

Keseimbangan cairan dalam tubuh memainkan peran penting dalam kesehatan jantung. Minum air sebelum tidur membantu menjaga kekentalan darah, sehingga jantung dapat bekerja dengan lebih efisien, yang tentunya membantu mengurangi risiko masalah jantung.

Membantu Pencernaan dan Metabolisme

Air putih membantu melancarkan sistem pencernaan. Ini dapat membantu mencegah sembelit dan masalah pencernaan lainnya. Selain itu, minum air sebelum tidur juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh saat tidur, serta membantu dalam proses detoksifikasi alami tubuh.

Menjaga Kesehatan Kulit

Hidrasi yang cukup memiliki dampak positif pada kesehatan kulit. Minum air sebelum tidur membantu menjaga kelembapan kulit, mencegah kulit kering, dan memberikan kilau alami pada kulit wajah.

Meringankan Gejala Dehidrasi Pagi Hari

Saat tidur, tubuh kehilangan cairan melalui pernapasan dan keringat. Minum air sebelum tidur membantu mencegah terjadinya dehidrasi yang bisa dirasakan saat bangun di pagi hari.

Untuk mendapat berbagai manfaat luar biasa tersebut, terdapat sejumlah cara minum air putih sebelum. Berikut caranya;

  • Minumlah air secara bertahap : Hindari minum terlalu banyak sebelum tidur agar tidak terbangun karena ingin buang air kecil di tengah malam.
  • Gunakan gelas kecil : Gunakan gelas kecil agar tidak minum terlalu banyak.
  • Jaga keseimbangan : Tidak hanya minum air sebelum tidur, pastikan juga menjaga kecukupan hidrasi sepanjang hari.