Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Hati-hati, Ini Dampak Negatif Bagi Kesehatan Jika Kamu Kurang Minum Air

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Meskipun terkesan sepele, namun minum air cukup yang baik dapat memberi banyak dampak positif untuk tubuh. Kebalikannya, jika Sobat Holopis kekurangan minum air putih, maka akan banyak dampak negatif yang dirasakan oleh tubuh.

Dampaknya pun tidak main-main. Kekuarangan minum air putih dapat menyebabkan dehidrasi, hingga mengakibatikan ganguan fungsi ginjal. Berikut beberapa dampak negatif ke tubuh, dari kurang minum air putih.

1. Dehidrasi Ringan

Gejala awal dehidrasi termasuk mulut kering, rasa haus yang berlebihan, dan urin yang berwarna gelap. Jika kekurangan minum air berlanjut, dehidrasi dapat menjadi lebih parah.

2. Penurunan Konsentrasi dan Kinerja Kognitif

Kekurangan cairan dapat menyebabkan penurunan konsentrasi, fokus, dan kinerja kognitif. Ini dapat memengaruhi kemampuan berpikir dan membuat keputusan.

3. Kelelahan dan Kekurangan Energi

Kekurangan minum air dapat menyebabkan kelelahan dan kekurangan energi. Air memainkan peran penting dalam proses metabolisme dan transportasi nutrisi ke seluruh tubuh.

4. Masalah Pencernaan

Dehidrasi dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti sembelit karena kurangnya cairan untuk melunakkan tinja dan memfasilitasi gerakan usus.

5. Gangguan Fungsi Ginjal

Kekurangan air dapat meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal, hal tersebut karena konsentrasi zat-zat yang terkandung dalam urin dapat meningkat.

6. Gangguan Suhu Tubuh

Air membantu dalam proses termoregulasi tubuh. Kekurangan air dapat menyebabkan sulitnya tubuh untuk menjaga suhu normal, yang dapat meningkatkan risiko panas dan kelelahan panas.

7. Masalah Kulit

Dehidrasi dapat menyebabkan kulit kering, bersisik, dan kehilangan elastisitas. Hal ini dapat memperburuk kondisi kulit seperti jerawat dan iritasi.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.

Jangan Sembarangan! Ini Waktu Ideal Ngopi

Kafein yang merupakan senyawa utama dalam kopi, teh, dan minuman energi, adalah salah satu stimulan yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Kafein dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan kewaspadaan dan energi.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru