BerandaNewsEkobizJokowi Kasih Paham Anies soal Rasio Utang Ideal

Jokowi Kasih Paham Anies soal Rasio Utang Ideal

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjawab enteng pernyataan calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan terkait rasio utang yang disampaikan dalam debat ketiga Pilpres 2024 pada hari Minggu (7/1) kemarin malam.

Adapun dalam debat semalam, Anies menyebut bahwa rasio utang terhadap produk domestik bruto (PDB) yang ideal adalah sebesar 30 persen.

Jokowi lantas menuturkan, bahwa pemerintah dalam mengambil segala keputusan, termasuk dalam hal menjaga rasio utang, akan berpegang teguh pada undang-undang sebagai landasannya.

Apabila rasio utang yang ada tidak sesuai dengan angka ideal capres, bagi Jokowi pun tidak ada masalah. Dia pun memasklumi, bahwa itu perihal utang ini menjadi isu yang sangat menarik untuk di bawa ke ranah politik.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Kita ini di pemerintahan dalam berbangsa dan bernegara itu semuanya mengacu pada undang-undang. undang-undang kan memperbolehkan (rasio utang) sampai maksimal 60 persen,” kata Jokowi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Senin (8/1).

Jokowi lantas menegaskan, bahwa rasio utang saat ini masih di bawah 40 persen terbilang aman bila dibandingkan dengan negara-negara lain yang rasio utangnya sudah di atas 200 persen.

“Kita juga harus melihat bahwa utang kita di banding dengan GDB itu masih pada kondisi baik dan aman lah, masih di bawah 40 (persen) kan. Ingat di negara besar itu sudah 260 persen, ada yang 220 persen, di tetangga kita ngga saya sebut negaranya ada yang 120, ada yang 66 persen,” jelasnya.

Bagi Jokowi, utang bukan menjadi sebuah masalah apabila sudah mengetahui strateginya. Dia meyakini, apabila utang gunakan untuk hal-hal yang sifatnya produktif, maka utang tersebut pun akan tertutupi dengan mudah.

“Saya kira yang paling penting utang itu harus dipakai untuk kepentingan kepentingan yang produktif, yang bisa memberikan return kepada negara, sehingga negara bisa membayarnya. Kita juga ada kenaikan GDP kita dari tahun ke tahun, periode ke periode, saya kira yang penting itu,” tandasnya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Hari Minggu, Harga Emas Antam Libur Dulu

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Rapor Bursa Saham Sepekan, Kapitalisasi Pasar Catatkan Rekor Tertinggi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan pekan ini mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen ke level 7.253,3, dari penutupan pekan lalu yang berada di level 7.063,5.

Harga Emas di Pegadaian Melambung, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.

Jokowi Sebut Harga Pangan di Sulsel Lebih Murah dari Jawa, Kok Bisa?

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, bahwa harga sejumlah komoditas pangan di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam keadaan sangat baik. 
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS