Categories: Pilpres

Habib Syakur Tantang Capres Bahas Ancaman Ideologi Transnasional di Debat Ketiga

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Inisiator Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK), Habib Syakur Ali Mahdi Al Hamid memberikan respons atas rencana debat ketiga yang diselenggarakan oleh KPU dalam mengakomodir kepentingan Pilpres 2024.

Menurutnya, salah satu yang paling krusial dibahas di dalam debat nanti adalah soal ancaman ideologi transnasional yang berpotensi menginvasi Indonesia. Hal ini disampaikan karena salah satu tema di dalam debat Capres tersebut adalah soal geopolitik.

“Saya kira salah satu ancaman kita adalah masuknya ideologi transnasional yang sempat disusupkan Hizbut Tahrir dan agen-agennya. Ini penting jadi materi pembahasan di debat nanti,” kata Habib Syakur kepada Holopis.com, Minggu (7/1).

Ia mengatakan bahwa ancaman masuknya ideologi trans nasional ini harus menjadi salah satu concern Capres-Cawapres untuk memastikan bahwa eksistensi Pancasila dan NKRI tetap terjaga dengan baik.

“Ideologi itu menawarkan perubahan Pancasila menjadi negara agama, spesifik negara Islam. Lalu dibuatlah Indonesia menjadi kabilah-kabilah atau wilayah bagian. Lho, ini ancaman, jangan dianggap bukan ancaman sekalipun HTI sudah dibubarkan,” ujarnya.

Menurut Habib Syakur, ide-ide perubahan Pancasila menjadi negara khilafah masih dinarasikan oleh pecahan HTI, salah satunya adalah eksistensi dari Gema Pembebasan yang merupakan organisasi sayap organisasi tersebut.

“Ide itu akan tetap ada, seperti ide Komunisme. Ide itu hanya akan sekadar menjadi ide tanpa aksi jika pemerintah punya prinsip dan ketegasan,” tuturnya.

Sekadar diketahui Sobat Holopis, bahwa saat ini proses Pilpres 2024, agenda terdekat adalah debat ketiga yang diselenggarakan oleh KPU pada hari Minggu, 7 Desember 2024 malam nanti sekira pukul 19.00 WIB.

Dalam debat tersebut yang bakal dihelat di Istora Senayan Jakarta Pusat tersebut, akan menampilkan ketiga Capres, yakni ; Anies Rasyid Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Tema yang diangkat di dalam debat tersebut adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional dengan subtema globalisasi, geopolitik dengan subtema politik luar negeri.

Muhammad Ibnu Idris

Penikmat sambal matah dan sambal bajak.

Recent Posts

Puan Maharani Buka Peluang Dukung Bobby Nasution

Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengakui bahwa pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk memberikan dukungan kepada…

8 menit ago

Ratusan Rumah Warga di Kabupaten Seluma Terendam Banjir

Bencana banjir merendam pemukiman warga yang ada di Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu.

23 menit ago

Koorpus BEM SI Herianto Serukan Mahasiswa Sukseskan Pilkada 2024

Herianto menyampaikan seruannya kepada seluruh elemen masyarakat, baik pemuda, mahasiswa untuk ikut berpartisipasi dalam menyukseskan…

38 menit ago

CCTV : Langka dan Jelas! Petir Sambar Rumah di Cileungsi Bogor

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Terekam kamera CCTV, sebuah momen langka petir dengan jelas menyambar sebuah rumah…

53 menit ago

Kementerian PPPA Akan Kawal Pengusutan Kasus Kasus Perundungan di Pesantren

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menyayangkan dan mengutuk keras…

1 jam ago

Hasyim Ashari Dipecat Karena Kasus Asusila, Kaesang : Itu yang Terbaik

Ketua Umum PSI (Partai Solidaritas Indonesia) Kaesang Pangarep) ikut menanggapi perihal putusan DKPP terhadap Ketua…

2 jam ago