Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizAirlangga Tegaskan Bansos untuk Tangani Kemiskinan Ekstrem

Airlangga Tegaskan Bansos untuk Tangani Kemiskinan Ekstrem

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto menegaskan, bahwa program bantuan sosial atau bansos merupakan salah satu upaya dari pemerintah untuk menangani permasalahan kemiskinan ekstrem di Indonesia.

Program tersebut, kata Airlangga, seiring dengan upaya pemerintah yang saat ini tengah berupaya untuk menurunkan angka kemiskinan ekstrem di Indonesia ke angka 0 persen pada tahun 2024.

“Bansos itu kriterianya adalah untuk penanganan kemiskinan ekstrem dan target pemerintah kemiskinan ekstrem di akhir 2024 ini mendekati nol,” kata Airlangga dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Minggu (7/1).

Mantan Menteri Perindustrian ini pun mengungkapkan, bahwa pihaknya di pemerintah pusat saat ini telah menyiapkan beberapa program untuk mengurangi tingkat kemiskinan ekstrem, salah satunya penyaluran bantuan pangan berupa beras.

Tak cuma itu, upaya penurunan kemiskinan lainnya yakni dengan memberdayakan para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui program bantuan modal usaha, mulai dari mulai dari Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan program bantuan modal lainnya yang bisa dicairkan tanpa agunan.

“Kita masih punya banyak program untuk UMKM, kita punya KUR yang besarnya Rp280 triliun, kita punya mekar dan Uni yang Rp10 juta tanpa jaminan. Demikian pula KUR bunganya 6 persen, pencairan 0 persen sampai Rp 100 juta,” bebernya.

Dia pun menegaskan, pemberian bantuan beras dan pemberdayaan UMKM tersebut sebagai upaya pemerintah untuk menurunkan angka kemiskinan ekstrem di Tanah Air.

“Oleh karena itu, tugas pemerintah daerah mendorong perekonomian masyarakat sehingga bangkit dan jumlah penerima bansos akan berkurang,” tukas Airlangga.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Harga Emas Antam Ngegas Jelang Akhir Pekan, 1 Gram Dibanderol Rp 1.443.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.

IHSG Loyo Saat Jeda Makan Siang

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah pada pertengahan perdagangan, atau pada penutupan perdagangan sesi I hari ini, Jumat 20 September 2024.

Turun Lagi, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau kembali mengalami penurunan pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.

IHSG Diproyeksi Menguat, Bakal Cetak Rekor Lagi?

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Surya Wijaya memproyeksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini bakal menguat pada rentang 7.878—7.957.