Categories: Internasional

UPDATE : Korban Jiwa Gempa Jepang Telah Capai 100 Orang

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Korban jiwa gempa Jepang naik menjadi lebih dari 100 orang. Saat ini tim pencarian di Jepang dan dibantu dengan warga, sedang mencari puing-puing pasca gempa. Saat ini, fokus mereka sudah beralih sepenuhnya pada pemulihan jenazah dan pembersihan puing-puing dan kehancuran yang terjadi karena gempa bumi.

“Jumlah korban meninggal akibat gempa berkekuatan 7.5 skala richter pada hari tahun bari di Ishikawa, Honshu, jepang, dipastikan bertambah dan 210 masih belum ditemukan,” kata pihak berwenang yang tidak menyebutkan namanya, dikutip Holopis.com, Sabtu (6/1).

Para petugas mengalami kesulitan akibat cuaca yang buru, dan turunnya salju. Jalan-jalan yang rusak akibat gempa juga ikut mempersulit keadaan. Apalagi, kerusakan di jalanan merupakan belahan-belahan yang menganga sehingga berbahaya.

Sebagai tambahan informasi, Beberapa wilayah di Jepang mengalami kerusakan yang parah akibat gempa ini. Tak hanya membuat banyak orang ketinggalan tempat tinggal, orang-orang juga harus kehilangan akses terhadap listrik dan air bersih.

Sekitar 30.000 rumah tidak mendapatkan aliran listrik, dan 89.900 rumah tak punya air bersih. Sementara itu tim penyelamat di Jepang mengatakan 222 orang hilang, 94 orang meninggal dunia, dan 464 lainnya luka-luka.

Sebagai informasi, Jepang adalah negara yang sering mengalami gempa bumi. Namun kerusakan bisa diminimalisir karena peraturan ketat negara Sakura tersebut terhadap proses pembangunan rumah-rumah yang anti gempa.

Jepang pernah mengalami gempa dahsyat berkekuatan 9.0 magnitudo di tahun 2011 yang mengundang tsunami. Sebanyak 18,500 orang meninggal bencana itu.

Kesulitan tim penyelamat dalam bekerja karena banyaknya kerusakan yang terjadi juga diakui oleh Presiden Jepang, Fumio Kishida. Ia mengatakan bahwa proses penyelamatan ini adalah sebuah perjuangan melawan waktu.

“Pencarian dan penyelamatan mereka yang terkena dampak gempa adalah perjuangan melawan waktu,” demikian dijelaskan oleh Perdana Menteri, Fumio Kishida.

Darin Brenda Iskarina

Share
Published by
Darin Brenda Iskarina

Recent Posts

Ganjar dan Ahok Dilantik Jadi Ketua DPP PDIP, Puan : Isi Jabatan Kosong

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menunjuk Ganjar Pranowo dan Basuki Tjahja Purnama atau Ahok mengisi…

22 menit ago

Alila Villas Uluwatu Bisa Jadi Pilihan Untuk Liburan Bersama Keluarga

Alila Villas Uluwatu bisa jadi tempat pilihan bagi keluarga, untuk mengisi waktu liburan. Di lokasi…

52 menit ago

Manfaat Luar Biasa Ikan Salmon, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Siapa sih yang tidak suka ikan salmon? Ikan yang sedikit lebih mahal…

1 jam ago

Paula Verhoeven Pakai Hijab Gegara Takut Mati

Paula Verhoeven sudah mantap untuk mengenakan hijab sebagai seorang muslimah. Alasan Paula memutuskan untuk berhijab…

2 jam ago

Posisi Seks Gajah Duduk,

Bagi pasangan yang mencari pengalaman seksual yang mendebarkan dan membangkitkan gairah, posisi seks gajah terbang…

2 jam ago

Prabowo Subianto Puji Design Jersey Olimpiade Paris 2024

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menghadiri peluncuran jersey tim nasional Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024…

2 jam ago