HOLOPIS.COM, SEMARANG – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG telah merilis prakiraan cuaca Jateng (Jawa Tengah) pada hari ini, Sabtu (6/1).

Menurut prakiraan BMKG, kondisi cuaca Jateng pada hari ini didominasi hujan oleh cuaca hujan, utamanya pada rentang waktu antara siang hingga malam nanti.

Bahkan BMKG melalui laman resminya juga telah mengeluarkan peringatan dini perihal potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang.

Bahkan dalam kolom peringatan dini BMKG, disebutkan bahwa potensi banjir kemungkinan bisa melanda sebagian wilayah Jateng, akibat guyuran hujan lebat.

“(Cuaca Jateng) Berpotensi hujan sedang – lebat yang dapat disertai dengan petir/kilat, angin kencang, dan banjir,” tulis BMKG sebagaimana dikutip Holopis.com, Sabtu (6/1).

Kondisi cuaca ini diperkirakan terjadi di sejumlah wilayah di Pegunungan tengah hingga dataran tinggi, sebagian Solo Raya, Jateng bagian Selatan, Jateng bagian Timur, dan sekitarnya.

Adapun secara rinci, wilayah Jateng yang berpotensi turun hujan petir pada siang ini yakni wilayah Boyolali, Klaten, Magelang, Sragen, Sukoharjo, dan Surakarta.

Kemudian masih di waktu siang, hujan dengan intensitas lebat juga terjadi di sejumlah wilayah Jateng. Wilayah tersebut diantaranya yakni wilayah Karanganyar, Kudus, Purworejo, Salatiga, dan Wonosobo.

Untuk hujan sedang di siang nanti, terjadi di wilayah Banjarnegara, Blora, Purbalingga, Purwodadi, Purwokerto, dan Wonogiri. Serta hujan ringan di Batang, Cilacap, Jepara, Kajen, Mungkid, Pati, Pemalang, Semarang, Slawi, Temanggung dan Ungaran.

Selanjutnya untuk potensi hujan ringan pada malam nanti diprediksi terjadi di wilayah Blora, Boyolali, Demak, Jepara, Kendal, Klaten, Kudus, Magelang, Mungkid, Pati, Purwodadi, Purworejo, Rembang, Salatiga, Semarang, Sragen, Surakarta, Temanggung, dan Ungaran.

Sementara untuk hujan dengan intensitas lebih tinggi, yakni hujan sedang berpotensi terjadi di wilayah Banjarnegara, Cilacap, Kebumen, dan Purwokerto pada malam nanti.

Selain cuaca, BMKG juga merilis informasi perihal prakiraan suhu dan kelembapan udara di Jateng pada hari ini, dimana suhu di Jateng berkisar antara 24 – 33 derajat celcius, dengan kelembapan di rentang 60 – 95 persen.