BerandaNewsEkobizBegini Skenario Pemerintah Geber Produksi Minyak RI Demi Tekan Impor

Begini Skenario Pemerintah Geber Produksi Minyak RI Demi Tekan Impor

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengungkapkan, bahwa pihaknya tengah berupaya untuk mendorong produksi minyak dalam negeri.

Salah satu upaya yang ditempuhnya yakni dengan mendorong pengembangan migas non konvensional (MNK), salah satunya di ladang minyak Blok Rokan.

“Minyak kan kita sekarang lagi mengupayakan di Rokan, bulan Juni mudah-mudahan hasil kajiannya bisa ada kesimpulan,” kata Arifin dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (5/1).

Arifin mengatakan, bahwa sejauh ini baru Blok Rokan yang memiliki potensi MNK yang menarik untuk dikembangkan. Ia menuturkan, sudah perusahaan yang tertarik untuk menggarap MNK. Namun sejauh ini baru sebatas pembicaraan saja.

Penerbit Iklan Google Adsense

Untuk diketahui, sumur minyak pertama yang menjadi sumur eksplorasi MNK di Blok Rokan tersebut adalah Sumur Gulamo. Pengeboran sumur ini diresmikan Menteri ESDM Arifin Tasrif pada 27 Juli 2023 silam.

Kala itu, Arifin menyebut bahwa potensi yang ada di Blok Rokan harus dieksploitasi untuk meningkatkan produksi minyak dalam negeri, yang akhirnya menjamin ketahanan energi nasional untuk masyarakat.

“Ini adalah momen pertama untuk bisa memanfaatkan potensi yang cukup besar yang kita miliki dan memang harus kita eksploitasi agar kita bisa menjamin ketahanan energi nasional untuk masyarakat,” ujarnya kala itu.

Arifin pun menyebut, potensi MNK yang ada di Blok Rokan mencapai 1,28 miliar barel. Dimana jika potensi dimanfaatkan dengan optimal, maka akan bisa mengurangi impor minyak Indonesia yang mencapai 1 juta barel.

Pengeboran Sumur Gulamo Eksplorasi MNK, imbuh Arifin, diharapkan tidak berhenti hanya pada tahap uji sampel dan analisa sumur saja, melainkan juga harus dilanjutkan ke depannya.

“Usai uji sampel dan analisa dilanjutkan sebagai sumur pilot fracturing hingga dapat membuktikan produktivitas dan awal pengembangan MNK di Indonesia,” jelasnya.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

IHSG Gacor, Ikuti Penguatan Bursa Saham Kawasan Asia dan Global

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Kamis (4/7) berhasil ditutup menguat, mengikuti penguatan bursa saham kawasan Asia dan Global.

Jokowi di Karawang Resmikan Proyek Ekosistem Kendaraan Listrik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan proyek ekosistem kendaraan listrik dan pabrik sel baterai listrik. Ia mengklaim bahwa proyek ini menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

Emas Antam Turun Harga Rp3 Ribu Per Gram Hari Ini

Update harga tersebut berdasarkan pantauan dari laman Logam Mulia, sehingga harga emas batangan terbaru menjadi Rp1.365.000 per gram.

Takjub dengan Atmosfer Jakarta Fair, Ida Fauziyah: Ekonomi Masyarakat Tumbuh

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengapresiasi kehadiran masyarakat ke pameran multiproduk yang bertempat di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran tersebut.

Harga Jual Emas Antam Naik Lagi, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

IHSG Rawan Profit Taking, Tapi Saham Ini Bisa Jadi Ladang Cuan

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi rawan profit taking atau pullback pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS