BerandaNewsRagamTips Selamatkan Diri dari Kecelakaan Pesawat, Berkaca dari Kejadian Japan Airlines

Tips Selamatkan Diri dari Kecelakaan Pesawat, Berkaca dari Kejadian Japan Airlines

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kecelakaan pesawat Japan Arilines yang tiba-tiba menabrak pesawat kecil dan terbakar di landasan pacu bandara Haneda cukup membuat heboh dunia. Pasalnya, meskipun pesawat itu benar-benar hancur dan terbarak, namun 379 kru dan penumpang pesawat berhasil menyelamatkan diri.

Meskipun 5 orang tewas dalam pesawat kecil yang bertabrakan dengan mereka di kawasan udara bandara tersebut. Beberapa laporan mengatakan bahwa para kru mengambil waktu 18 menit untuk menyelamatkan semua orang dari pesawat.

Namun, apa yang membuat seluruh isi pesawat Japan Arilines bisa menyelamatkan diri sebelum terlambat?

Para ahli penerbangan pun memberikan pujian untuk Japan Airlines. Hal itu karena mereka berhasil mempraktekkan pelatihan proses penyelamatan secara mulus kepada para penumpang mereka.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Para penumpang bisa menyelamatkan diri karena pelatihan, profesionalitas, dan pekerjaan kru kabin dan penerbangan. Karena mereka mengikuti instruksi dari kru kabin yang mengarahkan mereka ke pintu keluar darurat,” kata Presiden dan CEO Yayasan Keselamatan Penerbangan Nirlaba di AS, kepada awak media, dikutip Holopis.com, Jum’at (5/1).

Ini dia tips perjalanan aman di pesawat, dan cara menyelamatkan diri ketika terjadi kecelakaan dan hal-hal yang tidak diinginkan.

1. Ikuti Petunjuk Awak Kabin

Dengarkan dengan seksama pengumuman dan petunjuk dari awak kabin sebelum dan selama penerbangan. Ini termasuk cara menggunakan sabuk pengaman, lokasi pintu darurat, dan peralatan penyelamat lainnya.

  1. Kenali Lokasi Pintu Darurat

Perhatikan lokasi pintu darurat terdekat dari tempat duduk. Sobat Holopis harus tahu cara membukanya dan keluar dari pesawat dengan cepat.

3. Simpan Sabuk Pengaman Terpasang

Selalu pasang sabuk pengaman selama penerbangan, terutama saat duduk. Sabuk pengaman dapat memberikan perlindungan tambahan selama kecelakaan.

4. Jangan Lupa Mengamankan Masker Oksigen

Jika ada penurunan tekanan udara, masker oksigen akan turun. Pastikan untuk memakainya dengan benar dan membantu orang lain di sekitar Sobat Holopis, terutama anak-anak atau orang yang membutuhkan bantuan.

5. Pahami Posisi Darurat

Ketahui posisi duduk dalam pesawat, termasuk jalan keluar terdekat dan alat keselamatan yang tersedia di sekitar.

7. Simpan Barang Berharga di Tempat yang Mudah Diakses

Jika membawa barang berharga atau dokumen penting, pastikan untuk menyimpannya di tempat yang mudah diakses sehingga Anda dapat mengambilnya dengan cepat jika diperlukan.

8. Pahami Prosedur Evakuasi

Ketahui prosedur evakuasi pesawat, termasuk cara keluar dari pesawat dan mengumpulkan di area keamanan setelah evakuasi.

9. Tetap Tenang dan Disiplin

Di bawah tekanan, tetap tenang dan patuhi petunjuk awak kabin dan petugas penyelamat. Mengikuti instruksi dengan cermat dapat meningkatkan keselamatan semua penumpang.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Banjir Landa Lima Kecamatan di Bone Bolango

Bencana banjir melanda beberapa wilayah pada lima kecamatan di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Mie Instan Bikin Gendut, Bener Gak Sih?

Mie instan adalah makanan instan yang popular tak hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia karena kemudahan dalam penyajiannya dan rasa yang nikmat.

Ribuan Rumah di Kabupaten Cirebon Terendam Banjir

Bencana banjir melanda ribuan rumah warga di Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat.

Sejumlah Bangunan di Kabupaten Batang Rusak Pasca Gempa

Bencana gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 4.4 mengguncang wilayah Kabupaten Batang dan sekitarnya.

4 Tips Pakai Maskara Anti Luntur agar Tetap Cantik Meski Musim Hujan

Musim hujan sering kali menjadi tantangan bagi para pengguna maskara, karena air hujan dapat membuat maskara mudah luntur dan mengotori tampilan mata.

Lima Kelurahan di Kota Bengkulu Terendam Banjir

Bencana banjir melanda sejumlah pemukiman warga di Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS