Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizZulhas Ungkap Biang Kerok Harga Cabai Sempat Pedas

Zulhas Ungkap Biang Kerok Harga Cabai Sempat Pedas

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan alias Zulhas angkat bicara terkait kenaikan harga salah satu komoditas pangan, yakni cabai dalam beberapa pekan terakhir.

Bahkan berdasarkan catatan Holopis.com, harga cabai rawit merah sempat tembus di angka Rp160,000 per kilogram (kg) di Provinsi Sulawesi Utara, pada kamis 28 Desember 2023 lalu.

Menurut Zulhas salah satu penyebab dari lonjakan harga cabai tersebut adalah iklim. Dia mengatakan, kenaikan harga yang menembus Rp100 ribu per kg itu musiman.

Hal itu sebagaimana disampaikan Zulhas saat memantau pergerakan harga pangan di Pasar Pelmerah, Tanah Abang, Jakarta Barat, pada Kamis (4/1) pagi tadi.

“Musiman, karena biasanya Desember panen kurang (karena) musim hujan, jadi harga naik,” ucap Zulhas dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com.

Meski begitu, Zulhas menegaskan harga cabai saat sudah mulai terkendali. berdasarkan pantauan pihaknya, harga cabai di Pasar Palmerah kini berkisar di angka Rp70.000/kg hingga Rp80.000/kg, turun drastis bila dibandingkan dengan harga cabai pada beberapa pekan lalu.

“Di beberapa daerah di jawa itu saja sudah Rp 40 ribuan per kilo. Sumatera juga murah sekali karena Aceh panen raya di tingkat petani Rp 15 ribu,” jelasnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PAN itu lantas menjelaskan, bahwa penurunan harga cabai saat ini karena sejumlah daerah penghasil mulai panen, rata-rata harga berkisar di angka Rp 25.000/kg dan Rp 20.000/kg.

Adapun penyebab naiknya harga cabai tak cuma soal musim saja. Menurut Zulhas, penyebab utama kenaikan harga cabai ini masih soal logistik dan biaya transportasi.

Namun ia mengklaim, kini tengah berkoordinasi dengan sejumlah Pemerintah Daerah penghasil cabai untuk menuntaskan persoalan yang menjadi biang kerok kenaikan harga cabai itu.

“Nah memang transport-nya itu karena harus pesawat. Contohnya kalau Aceh ke sini pake bus atau truk nggak mungkin, busuk dia (cabainya),” jelasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
[adrotate banner="1"]

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berakhir Lesu

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (20/9).

PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Industry Award di Dubai

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan pemenang “Industry Award” 2024 untuk region Eropa, Timur Tengah, Afrika/Asia Pasifik/Amerika.

Dorong Transformasi Perpajakan, Sri Mulyani Teken MLI STTR

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati bersama dengan pimpinan dari 42 negara atau yurisdiksi lain telah resmi menandatangani Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR).