HOLOPIS.COM, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU) RI memutuskan memperluas tema dalam debat capres kedua, atau debat ketiga Pilpres 2024 yang rencananya akan berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, pada Minggu (7/1) mendatang.

Adapun mulanya,, tema debat yang akan mempertemukan ketiga capres ini adalah pertahanan, keamanan, geo politik, dan hubungan internasional. Tema tersebut diperluas, sehingga nantinya akan ada 6 subtema.

“Kemarin kan posisinya 4 tema. Nah pertahanan dan keamanan tetap jadi tema tersendiri. Kemudian hubungan internasional kami expand dengan globalisasi, kemudian geopolitik sebagai isu tersendiri itu kami expand dengan politik luar negeri,” kata August dalam keterangan yang dikutip Holopis.com, Rabu (3/1).

“Jadi ada 6 subtema yang nanti dibahas dalam debat ketiga pada tanggal 7 Januari 2024,” Sambungnya

Dia kemudian menjelaskan, perluasan tema ini dilakukan untuk untuk menyesuaikan enam segmen yang nantinya ada di debat. Sehingga setiap segmen akan mencakup keseluruhan dari tema debat.

“Kita alurnya enam pertanyaan, biar tidak mengubah alur, jadi format alur segmen debat pembagiannya sama,” ujar August menjelaskan.

Sebagai informasi, KPU RI menggelar debat sebagai sarana bagi para capres-cawapres untuk menyampaikan visi dan misi, serta gagasannya.

Adapun untuk bebat capres pertama telan berlangsung pada 12 Desember 2023, dengan tema yang diusung yakni Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik, dan Kerukunan Warga

Kemudian pada Jumat 22 Desember 2023 lalu, debat pilpres kedua dari KPU berlangsung, dimana pesertanya yakni calon wakil presiden (cawapres). Di debat ini, para calon Orang nomor dua di Indonsia itu akan membahas topik Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Digital, Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN/APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.