Selasa, 1 Oktober 2024
Selasa, 1 Oktober 2024
NewsEkobizJokowi Punya Trik Jitu Bawa Jateng Jadi Produsen Beras Terbesar Kedua di...

Jokowi Punya Trik Jitu Bawa Jateng Jadi Produsen Beras Terbesar Kedua di RI

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan sejumlah cara yang diyakininya mampu menaikkan produksi beras di Jawa Tengah (Jateng), sehingga mampu membawa Jateng menjadi provinsi dengan produksi beras terbayak kedua di Indonesia.

Adapun salah satu cara Presiden Jokowi untuk mewujudkan hal tersebut adalah memastikan ketersediaan pupuk. Sehingga para petani dapat segera menanam padi pada awal tahun 2024 ini.

“Ya tadi pupuk harus siap, segera tanam di awal tahun ini,” katanya dalam keterangan pers usai mengikuti kegiatan menanam bersama di Banyumas, seperti dikutip Holopis.com, Rabu (3/1).

Adapun untuk menghadapi masa panen periode Maret-April 2024, Jokowi menyampaikan bahwa PT Pupuk Indonesia (Persero) telah menyiapkan pupuk sebanyak 1,7 juta ton.

Selain itu, terdapat pula tambahan stok pupuk subsidi yang diketahui menelan anggaran Rp14 triliun, yang saat ini tengah menunggu persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)

Tambahan pupuk subsidi ini diharapkan dapat meningkatkan produksi beras dalam negeri, sehingga dapat menekan angka impor beras.

Selain pupuk, Jokowi juga mengatakan akan memperbaiki urusan irigasi pada lahan pertanian di Jateng. Adapun caranya adalah dengan menambah bendungan.

“Urusan irigasi yg sudah sedimennya tinggi di bendungannya nanti dikerjakan pak menteri PU (Menteri Basuki Hadimuljono) secepatnya,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, Jateng menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) sempat menjadi provinsi dengan produksi beras terbesar kedua di Tanah Air pada tahun 2022 lalu, setelah Jawa Timur (Jatim).

Bahkan provinsi Jateng sempat memperoleh penghargaan sebagai daerah dengan tingkat produksi beras tertinggi se-Indonesia pada tahun 2019 lalu.

Namun pada tahun 2023, posisi Jateng di peringkat kedua digeser oleh provinsi Jawa Barat (Jabar), yang membuat Jateng turun ke posisi ketiga sebagai daerah penghasil beras.

Google News

Temukan kamu di Google News dan jangan lupa klik ikon bintang untuk mengetahui semua berita terbaru dari kami.

WhatsApp Channel

Follow WhatsApp Channel Holopis.com untuk mendapatkan 10 berita terbaru setiap hari dari tim Redaksi.

Baca Juga

Loading...
Loading...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
HOLOPIS

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Cek Daftar BBM Pertamina Terbaru Per 1 Oktober 2024

PT Pertamina (Persero) kembali melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) non subsidi, yaitu Pertamax, Pertamax Green 95, Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex per 2 Oktober 2024.

Sektor Pariwisata Membaik, BPS Catat Kunjungan Wisman di Agustus 2024 Naik

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di Indonesia pada periode bulan Agustus 2024 mengalami peningkatan.

Harga Emas Antam Turun Tajam, Cek Rincian Harganya Sekarang

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami penurunan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Selasa 1 Oktober 2024.

Deflasi 5 Bulan Beruntun, BPS Ungkap Pemicunya

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan Indeks Harga Konsumen (IHK) kembali mencatatkan deflasi pada periode bulan September 2024, yakni sebesar 0,12 persen secara bulanan atau month to month (mtm).