BerandaNewsRagamJokowi Akui Distribusi Pupuk Subsidi Bocor

Jokowi Akui Distribusi Pupuk Subsidi Bocor

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara terkait dugaan adanya kebocoran distribusi pupuk, yang akhirnya membuat para petani kesulitan mendapat pupuk di masa tanam ini.

Dia mengakui, bahwa dugaan tersebut kemungkinan bisa terjadi. Namun ia memastikan pihaknya akan meningkatkan pengawasan terhadap distribusi pupuk.

“Memang ada kebocoran (distribusi pupuk subdidi) begitu, tapi semua akan diawasi dan dikontrol,” kata Jokowi dalam keterangan persnya usai melakukan tanam padi bersama di Kabupaten Banyumas, seperti dikutip Holopis.com, Rabu (3/1).

Dia pun menekankan pentingnya pengawasan terhadap distribusi pupuk yang disubsidi oleh APBN. Ia mewanti-wanti agar pupuk subsidi benar-benar tersalurkan ke tangan petani.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Ya itu harus dikontrol terus, distributor, pengecer, dikontrol, jangan sampai pupuk subsidi dijual ke tempat yang bukan petani,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Orang nomor satu di Indonesia itu juga merespon keluhan para petani yang kesulitan mendapat pupuk seusai kebijakan pembelian pupuk menggunakan kartu tani diterapkan.

Jokowi pun menekankan, bahwa untuk mendapatkan pupuk, para petani juga bisa menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Ia juga mengatakan, di masa panen ini pemerintah telah menyiapkan 1,7 juta ton pupuk dari PT Pupuk Indonesia.

“Saya kira itu mencukupi dan keluhan pupuk saya harapkan tidak ada lagi,” tutur mantan Walikota Solo itu.

Selain itu, Jokowi juga memberikan sinyal positif terkait rencana pemerintah menambah subsidi pupuk bagi para petani. Ia mengaku telah memerintahkan Menteri Pertanian (Mentan) untuk meminta anggaran tambahan kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

“Subsidi pupuk saya sudah meminta ke Mentan (Menteri Pertanian) untuk ajukan dana tambah Rp14 triliun untuk subsidi pupuk,” ujarnya.

Hal itu dilakukan untuk meningkatkan produksi beras di masa panen periode Maret-April di tahun ini.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Guru Besar IPB Yakin Program Makan bergizi Prabowo Bisa Berjalan Mulus

Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB), Rachmat Pambudy meyakini program makan bergizi yang bakal terlaksana pada pemerintahan presiden terpilih, Prabowo Subianto dapat berjalan mulus.

Mengenal Dr. Firmanto, Menantu Otto Hasibuan yang jadi Profesor Kehormatan Unissula

Menantu dari Otto Hasibuan, seorang tokoh hukum terkemuka, dan suami dari Putri Hasibuan ini tidak hanya dikenal karena prestasi akademiknya, tetapi juga gaya hidupnya yang inspiratif.

Seragam Olimpiade 2024 Tim Garuda Karya Didit Prabowo Rilis, Netizen Kagum dan Lega

Seragam Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 akhirnya sudah dirilis. Desain kaos, jaket, serta tas yang nantinya akan dikenakan para atlet tanah air di Prancis adalah hasil karya dari desainer kenamaan, Didit Hediprasetyo, putra dari presiden terpilih Prabowo Subianto.

Ada Mokoland Show di Mal Ciputra Jakarta, Cocok Buat Isi Liburan Sekolah

Untuk menghibur pengunjung khususnya anak-anak yang sedang libur sekolah, Mal Ciputra Jakarta bekerjasama dengan PT Adinata Melodi Kreasi selaku pemegang lisensi Disney pertama di Indonesia menggelar acara Mokoland

Banjir Rendam Pemukiman Warga Di Kabupaten Sidenreng Rappang

Bencana banjir melanda sejumlah pemukiman warga yang ada di Kabupaten Sidenreng Rappang, Provinsi Sulawesi Selatan.

Stasiun MRT Glodok – Kota Telah Terhubung

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Proyek pembangunan stasiun bawah tanah MRT Jakarta semakin dikebut. Teranyar Stasiun Glodok dan Kota kini telah terhubung.  Corporate Secretary Division Head PT...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS