Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Pengisi Suara ‘Mama Coco’, Ana Ofelia Murguía Tutup Usia

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ana Ofelia Murguía, yang dikenal sebagai pengisi suara dalam film Disney ‘Coco’, dikabarkan telah meninggal dunia.

Berita meninggalnya Murguía diumumkan dalam postingan di media sosial X/twitter oleh Institut Seni Rupa dan Sastra Nasional Meksiko. Namun, belum ada info lebih lanjut mengenai sebab kematian dari wanita yang berusia 90 tahun tersebut.

“Dengan kesedihan yang mendalam kami menyesali kematian aktris pertama Ana Ofelia Murguía, yang merupakan bagian dari pemeran tetap [Perusahaan Teater Nasional Meksiko] dan yang karier artistiknya sangat penting untuk seni pertunjukan Meksiko. Kami menyampaikan belasungkawa dan pelukan hangat kepada keluarga dan teman-temannya,” tulis akun tersebut seperti dikutip oleh Holopis.com, Selasa (2/1).

Banyak toloh yang juga ikut berduka cita atas kepergian aktris legendaris tersebut, termasuk Sekretaris Pariwisata negara bagian Michoacan di Meksiko, Roberto Monroy yang mengatakan bahwa dirinya sangat bersedih atas meninggalnya ‘Mama Coco’.

“Saya sangat bersedih atas meninggalnya Maria Salud Ramirez Caballero, ‘Mama Coco,’ seorang wanita yang tak kenal lelah dan teladan hidup, yang menjadi inspirasi karakter tercinta ini yang berkeliling dunia. Saya berdoa untuk istirahat abadinya dan keluarganya menemukan ketenangan pikiran,” ujarnya.

Murguía, yang dianggap sebagai salah satu bintang terakhir yang bertahan dari “Zaman Keemasan Sinema Meksiko”, terkenal karena peran sulih suaranya dalam film Coco.

Dalam film Disney dan Pixar, Murguía mengisi suara Mama Coco, nenek buyut dari protagonis, Miguel (Anthony Gonzalez). Film ini mengikuti Anthony setelah dia secara tidak sengaja dipindahkan ke Negeri Orang Mati dan harus mendapatkan bantuan dari kerabatnya yang telah meninggal untuk kembali ke keluarganya.

Film ini sukses besar dan mengumpulkan dua Academy Awards. Murguía juga memegang rekor nominasi terbanyak sepanjang sejarah untuk Aktris Terbaik di Ariel Awards, yaitu dengan lima nominasi.

Dia juga sejajar dengan Isela Vega yang meraih kemenangan terbanyak di Ariel Awards untuk Aktris Pendukung Terbaik, saat mereka keduanya memenangkan tiga. Dia juga memiliki tiga nominasi tambahan untuk penghargaan itu. Pada tahun 2011, dia dianugerahi Penghargaan Golden Ariel untuk karir aktingnya selama 40 tahun.

Aktris ini telah memainkan puluhan peran film sejak beberapa dekade yang lalu, berikut daftar film yang ia perankan:

  • The Queen of the Night
  • Nothing Will Speak of Us When We’re Dead
  • Gaby: A True Story, Mexican
  • You Can Do It
  • The Heist
  • La Vispera.

Dia juga memiliki peran dalam serial film televisi yakni:

  • Mozart in the Jungle
  • Gregoria la cucharacha
  • Tric Trac
  • Uroboros.

Menurut IMDb, penampilan terakhirnya di layar adalah pada tahun 2018 untuk acara TV José José: El príncipe de la canción.

Beristirahatlah dengan tenang, Ana Ofelia Murguía.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Dompet Dhuafa dan Titimangsa Gelar Teater Musikal untuk Palestina Bertajuk Tanah Yang Terpenjara

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Gencar menyuarakan kemanusiaan bagi Palestina, Dompet...

Menhub Terima Penghargaan Tokoh Inspiratif Transportasi Inklusif Terintegrasi DTKJ Awards 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerima...

6 Juta Data DJP Bocor, Begini Respon Sri Mulyani

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati akhirnya angkat bicara terkait adanya kabar kebocoran 6 juta data milik DIrektorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Pasalnya dalam 6 juta data yang bocor itu, terdapat data dirinya dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru