HOLOPIS.COM, JAKARTA – Jelang malam pergantian tahun baru 2024, gempa bumi mengguncang Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Minggu (31/12) sekitar pukul 20.34 WIB.

Menurut data dari BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika), gempa bumi tersebut berkekuatan magnitudo (M) 4,8 dengan lokasi 6.85 lintang selatan dan 107.87 bujur timur.

“5 kilometer barat laut Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Kedalaman 10 kilometer,” tulis akun X @infoBMKG seperti dikutip Holopis.com.

Gempa tersebut dirasakan di wilayah Sumedang dengan Skala Intensitas III-IV MMI yang artinya dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Kemudian turut dirasakan di Lembang dengan Skala Intensitas III MMI. Di Subang dan Kota Bandung dengan Skala Intensitas II-III MMI, di Garut dengan Skala Intensitas II MMI.

Menurut keterangan Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam keterangannya mengatakan gempa tersebut akibat aktivitas sesar aktif di wilayah setempat.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar aktif wilayah setempat,” jelasnya.

Daryono mengatakan hingga pukul 20.55 WIB, BMKG mencatat sudah tiga kali gempa guncang wilayah Sumedang. Gempa Sumedang pertama M 4,1 pukul 14.35 WIB, lalu gempa M 3,4 pukul 15.38 WIB, dan gempa yang ketiga pukul 20.34 WIB dengan kekuatan M 4,8.

“Hingga pukul 20:55 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 3 aktivitas gempa bumi yang dirasakan di wilayah ini,” pungkas Daryono.