BerandaNewsRagamBNPB Catat 3.028 Bencana Alam Terjadi di Indonesia Selama Tahun 2023

BNPB Catat 3.028 Bencana Alam Terjadi di Indonesia Selama Tahun 2023

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Berdasarkan catatan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), ada 3.028 bencana alam yang melanda Indonesia dalam periode 1 Januari hingga 30 September 2023.

Dampak bencana alam yang terjadi selama tahun 2023, juga menimbulkan kerugian materiil dan korban jiwa.

Bencana alam yang banyak terjadi, yakni hidrometeorologi, seperti banjir, cuaca ekstrem, tanah longsor, dan kekeringan.

Kemudian, bencana alam geologi, seperti gempa bumi, erupsi gunung api, dan gelombang pasang.

Penerbit Iklan Google Adsense

BNPB mencatat ada 890 kejadian banjir selama tahun 2023, yang disebabkan curah hujan yang tinggi, drainase yang buruk, penggundulan hutan, dan perubahan penggunaan lahan.

Banjir menyebabkan genangan air yang merendam rumah, fasilitas umum, dan lahan pertanian. Banjir juga mengakibatkan penyakit, seperti diare, demam tifoid, dan leptospirosis.

Banjir di Natuna
Kondisi pemukiman warga di Kabupaten Natuna yang terdampak banjir. [Gambar : BNPB]

Cuaca ekstrem menjadi bencana alam kedua terbanyak yang terjadi di Indonesia sepanjang 2023, yaitu sebanyak 858 kejadian. Cuaca ekstrem meliputi angin kencang, puting beliung, hujan es, hujan lebat, dan petir.

Cuaca ekstrem dapat merusak bangunan, menumbangkan pohon, memutuskan aliran listrik, dan mengganggu transportasi. Cuaca ekstrem juga dapat memicu bencana alam lain, seperti banjir, tanah longsor, dan kebakaran hutan.

Angin kencang di Sukabumi
Kondisi kerusakan pasca bencana angin kencang di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. [Gambar : BNPB]

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menjadi bencana alam ketiga terbanyak yang terjadi di Indonesia sepanjang 2023, yaitu sebanyak 668 kejadian. Karhutla disebabkan oleh faktor alam, seperti petir dan suhu tinggi, maupun faktor manusia, seperti pembukaan lahan, pembakaran sampah, dan rokok.

Karhutla menghasilkan asap yang mencemari udara, mengganggu kesehatan, dan mengurangi visibilitas. Karhutla juga merusak ekosistem, menghilangkan habitat satwa, dan menyebabkan kerugian ekonomi.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Lokasi Samsat Keliling Hari Rabu 3 Juli di Wilayah Jadetabek

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Rabu 3 Juli 2024.

Lokasi SIM Keliling Hari Rabu 3 Juli di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Rabu 3 Juli 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur, Ternyata Bisa Bikin Tambah Nyenyak

Minum susu sebelum tidur telah lama dianggap sebagai kebiasaan yang baik untuk kesehatan. Biasanya jika adik, keponakan, atau si kecil tidak bisa tidur pada malam hari, segelas susu langsung bisa membuat mengantuk.

Muhadjir Sarankan PTS Keruk Uang Mahasiswa saat Wisuda

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy menyarankan para pimpinan perguruan tinggi swasta (PTS) untuk memanfaatkan momentum wisuda mahasiswa untuk mencari keuntungan.

Menkes Akui Obat di Indonesia Mahal-mahal, Lima Kali Lipat dari Malaysia

Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengakui harga obat yang beredar di Indonesia cenderung mahal. Bahkan jika dibandingkan dengan Malaysia, harga obat di Tanah Air lebih mahal hingga 5 (lima) kali lipat.

Kemensos Klaim 28 Ribu Warga Miskin Sudah Mentas

Kementerian Sosial klaim berhasil mencetak 28.775 warga miskin menjadi mandiri dalam program Pahlawan Ekonomi Nusantara (PENA).
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS