BerandaNewsRagamKAI Terus Lakukan Perbaikan Masalah LRT Jabodebek

KAI Terus Lakukan Perbaikan Masalah LRT Jabodebek

HOLOPIS.COM, JAKARTA – LRT Jabodebek telah beroperasi sejak Agustus, sayangnya masih ada saja masalah seperti roda aus, waktu tunggu yang lama, hingga kereta yang berhenti tidak presisi dengan pintu di peron.

Direktur utama PT KAI (Kereta Api Indonesia), Didiek Hartantyo membeberkan sejumlah langkah perbaikan LRT Jabodebek. Sebagai Informasi, KAI merupakan operator kereta ringan canggih yang beroperasi tanpa masinis tersebut.

Berikut ini Sederet Perbaikan LRT Jabodebek yang dilakukan oleh KAI :

1. Kereta Makin Presisi
Salah satunya adalah ketepatan kereta berhenti di gerbang yang ada pada peron. Dia mengklaim kini kereta sudah berhenti dengan halus dan presisi.

Penerbit Iklan Google Adsense

‘Masyarakat saya harapkan gunakan LRT. Silakan dicoba, kalau berhenti itu smooth sekali kalau dulu kan goyang-goyang, ketepatan dengan pintunya juga presisi,” ujar Didiek dalam keterangannya, Kamis (28/12) seperti dikutip Holopis.com.

Katanya, ketepatan ini semua terjadi karena teknologi GoA 3 yang membuat LRT beroperasi secara otomatis tanpa masinis.

“Ini lah AI ya, dengan GoA3 ini LRT akan makin baik dan andal. Maka para pelanggan silakan dicoba,” kata Didiek.

2. Tambahan Rangkaian
Meski sempat mengurangi operasi kereta karena ada perbaikan, kini LRT Jabodebek mulai mengoperasikan banyak kereta. Didiek memaparkan sudah ada 16 rangkaian yang beroperasi setiap hari melayani 200 perjalanan.

Sebelumnya imbas masalah pada roda kereta yang butuh perawatan, LRT Jabodebek sempat hanya beroperasi sebanyak 9 rangkaian. Hal itu membuat perjalanan harian berkurang dan ujungnya perjalanan kereta menjadi lambat.

“Untuk LRT kan sekarang sudah 16 trainset beroperasi, perjalanan sehari sudah sekitar 200 perjalanan ini kita keep dulu. Pada saat operasi awal tarif Rp 5.000 penumpang hari biasa 47.000, sekarang saya dapat laporan penumpang sudah 37.000. Saya sebagai operator bekerja sama dengan Kemenhub untuk bangun keandalan ini dulu,” jelas Didiek.

3. Perbaikan Infrastruktur dan Sarana
Lebih lanjut masalah lintasan dan kereta yang aus juga sudah dibenahi saat ini. Berbagai upaya dilakukan pihaknya agar jalur LRT Jabodebek bisa dilalui tanpa masalah. Di sisi lain perbaiki kereta juga terus dilakukan.

“Kalau dulu masalah aus itu sekarang kita atasi dengan berbagai macam tuh, relnya kita grinding halus, kemudian kita berikan serbuk untuk pelumas sehingga sekarang itu meski lengkung kecil, gerusannya terjaga,” ujar Didiek.

“Ini kita evaluasi terus karena siklusnya ini yang masuk pembubutan hanya 5 trainset nih, jadi sekarang 16 operasi, cadangan ada 4,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Rekomendasi Oleh-oleh di Jakarta Fair 2024 Untuk Dibawa Pulang

Jakarta Fair Kemayoran 2024 masih berlangsung, masih banyak yang bisa dikunjungi. Salah satunya, yakni oleh-oleh yang bisa didapatkan tanpa perlu jauh-jauh ke kota asalnya.

Puslabfor Masih Menyelidiki Kebakaran Revo Mall Bekasi

Bekasi,Kapolsek Bekasi Selatan Kompol Untung Riswaji menyebutkan bahwa penyebab kebakaran Revo Mall yang terjadi pada Sabtu 22 Juni 2024 lalu belum diketahui,Untung juga menyebut...

Heru Akan Pasang Kembali Papan Plang Jakhabitat Yang Hilang

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Papan plang Jakhabitat era Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Rusunami Cilangkap, Jakarta Timur hilang. Hilangnya papan tersebut sempat diunggah...

Pj. Gubernur Heru Tinjau Sembako Murah di Bintaro

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau kegiatan sembako murah di Bintaro, (5/7). Didampingi Kepala Biro Kerja Sama Daerah...

Lakalantas : Mantan Anggota DPRD Fraksi PKS Meninggal Tabrakan dengan Polisi

HOLOPIS.COM, MAGETAN - Kecelakaan lalu lintas sama-sama pengendara sepeda motor hingga berakibat fatal terjadi di Magetan, Jawa Timur, (5/7). Sepeda motor yang satu dikemudikan...

Guru Besar IPB Yakin Program Makan bergizi Prabowo Bisa Berjalan Mulus

Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB), Rachmat Pambudy meyakini program makan bergizi yang bakal terlaksana pada pemerintahan presiden terpilih, Prabowo Subianto dapat berjalan mulus.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS