HOLOPIS.COM, JAKARTA – Rambut adalah mahkota dan bagian tubuh yang wajib dijaga keindahan dan kesehatannya. Dengan rambut yang indah, sehat dan mudah diatur, penampilan jadi semakin anggun dan cantik.

Namun, rambut akan susah diatur jika memiliki tekstur yang kering dan tidak enak dipandang. Padahal, perawatan rambut tidak harus mahal loh agar selalu cantik. Bahkan, Sobat Holopis bisa mendapatkan rambut yang sehat dengan cara-cara alami di bawah ini.

Ini dia beberapa tips alami yang bisa diikuti agar rambut tetap sehat dan mudah diatur.

1. Shampo dan Kondisioner yang Sesuai

Gunakan shampo dan kondisioner khusus untuk rambut kering. Pilih produk yang mengandung bahan-bahan yang melembapkan seperti argan oil, jojoba oil, shea butter, atau aloe vera. Kandungan dalam shampo itu bisa membantu rambut yang kering menjadi lebih sehat.

2. Jangan Sering Mencuci Rambut

Bagi yang memiliki rambut kering, lebih baik hindari mencuci rambut setiap hari, karena hal ini dapat mengurangi minyak alami yang diperlukan oleh rambut. Cuci rambut sesuai kebutuhan dan gunakan air hangat, bukan air panas.

3. Pilih Sisir yang Tepat

Pilih sisir yang tepat agar rambut yang sedikit kering tidak mengalami kerusakan yang semakin parah. Hindari juga menyisir rambut saat masih basah, karena rambut basah lebih rentan terhadap kerusakan.

4. Gunakan Masker Rambut

Jangan malas untuk mengaplikasikan masker rambut atau kondisioner mendalam setidaknya seminggu sekali. Pilih produk yang dirancang khusus untuk rambut kering dan biarkan masker meresap selama beberapa menit sebelum dibilas.

5. Hindari Panas Berlebih

Kurangi penggunaan alat pemanas seperti hair dryer, catok, atau curling iron. Jika perlu menggunakan, gunakan semprotan pelindung panas atau heat protectant.