Selasa, 1 Oktober 2024
Selasa, 1 Oktober 2024
NewsEkobizPemerintah Klaim BLT El Nino Senilai Rp 6,72 Trilun Sudah Tersalurkan

Pemerintah Klaim BLT El Nino Senilai Rp 6,72 Trilun Sudah Tersalurkan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pemerintah mengklaim sampai dengan 21 Desember 2021, telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai atau BLT El Nino senilai Rp6,72 triliun. Hal itu sebagaimana disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Dia mengatakan, bahwa nilai BLT yang tersalurkan itu baru sebeaar 89,36 persen dari target. Namun ia berharap, penyaluran BLT El Nino yang total nilainya sebesar Rp 7,52 triliun akan rampung di akhir tahun ini.

“Diharapkan pada akhir tahun 2023 seluruh bantuan tersebut telah dapat tersalurkan dengan tepat sasaran,” kata Airlangga dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Senin (25/12).

Airlangga menuturkan, BLT tersebut merupakan program bantuan sosial (bansos) yang terbilang penting bagi masyarakat, khususnya masyarakat kelompok bawah. Mengingat saat ini, perekonomian global masih dibayangi dengan berbagai tantangan dan ketidakpastian termasuk fenomena anomali cuaca El Nino.

Sebagaimana diketahui, fenomena El Nino berpotensi memicu naiknya berbagai komoditas pangan karena masalah kekeringan lahan dan gagal panen.

“Jadi kenapa kita berikan, karena tadi kering terus maka kita antisipasi harga-harga akan ada kenaikan,” katanya.

Kendati begitu, Airlangga mengaku bersyukur karena sejauh ini harga sejumlah bahan pokok, seperti beras masoh terpantau stabil.

Alhamdulillah Pemerintah bisa jaga harga beras realtif stabil, minyak goreng stabil, sehingga kita bantu untuk penyangga,” tutur Airlangga.

Adapun untuk skema penyaluran BLT El Nino, pemerintah memberikan bantuan sebesar Rp400.000 untuk 2 bulan atau Rp200.000 per bulan. BLT ini diberikan kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Dalam hal ini, masyarakat dapat mengecek secara langsung apakah dirinya ikut terdaftar sebagai KPM BLT El Nino atau bukan melalui laman resmi cekbansos.kemensos.go.id.

Lebih lanjut, Airlangga membuka peluang adanya penyaluran kembalj BLT El Nino ini kepada sejumlah KPM pada tahun depan.

“Saya ke lapangan kita tanyakan langsung ke masyarakat, perlu dilanjutkan atau tidak, apakah ini tepat sasaran, dan tadi setelah dicek dengan dialog ternyata mereka sangat membutuhkannya,” ucapnya.

Google News

Temukan kamu di Google News dan jangan lupa klik ikon bintang untuk mengetahui semua berita terbaru dari kami.

WhatsApp Channel

Follow WhatsApp Channel Holopis.com untuk mendapatkan 10 berita terbaru setiap hari dari tim Redaksi.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
HOLOPIS

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Bunga Jaminan Perbankan LPS 4,25 Persen Berlaku Mulai 1 Oktober 2024

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) telah menetapkan besaran tingkat bunga penjaminan perbankan untuk periode 1 Oktober 2024 sampai dengan 31 Januari 2025.

BBN Airlines Indonesia Resmi Mengudara Layani Penumpang di Indonesia

BBN Airlines Indonesia akan meramaikan dunia penerbangan Indonesia, dengan membuka layanan komersial untuk melayani penumpang mulai 27 September 2024.

Pemerintah Kaji Penerapan Pita Cukai Digital

Pemerintah melalui Ditjen Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tengah mengkaji terkait rencana penerapan pita cukai digital sebagai pengganti pita cukai konvensional.

Harga Beras RI Disebut Paling Mahal se-ASEAN, Bapanas Minta Masyarakat Tak Terprovokasi

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi meminta masyarakat tidak terprovokasi soal harga beras Indonesia yang disebut menjadi paling mahal dibandingkan dengan negara-negara di kawasan ASEAN.