HOLOPIS.COM, JAKARTA – Publik sempat dihebohkan dengan sebuah postingan dari pakar telematika, Roy Suryo terkait dengan kegiatan debat Cawapres yang diselenggarakan oleh KPU pada hari Jumat, 22 Desember 2023 kemarin.

Konten yang dibuat oleh Roy adalah terkait dengan device microphone yang dikenakan Gibran, seolah ada sebuah alat earphone yang digunakan sebagai alat komunikasi, sementara cawapres lain yakni Cak Imin dan Mahfud tidak mengenakan alat yang sama.

“Kemarin sdh saya duga, Utk menghindari CHEATING, Sebaiknya next KPU ADIL. Kenapa si No 2 ini sampai gunakan 3 (TIGA) MIC sekaligus: 1. Clip-on, 2. Hand-held & 3. Head-set ? Apa gunanya juga ada EARPHONE ? SIAPA yg bisa FEEDING ke Telinganya ? Mengapa 2 Calon yg lain BEDA ? AMBYAR”,” tulis Roy di akun Twitter @KRMTRoySuryo1

Lantas benarkah ada earphone yang digunakan oleh Gibran di dalam kegiatan debat Cawapres tersebut.

Berdasarkan rilis dari TurnBackHoax.id, bahwa informasi yang diproduksi oleh Roy Suryo masuk kategori konten menyesatkan.

“Berdasarkan hasil penelusuran, adanya klaim yang menyatakan bahwa Cawapres no urut 2, Gibran yang menggunakan 3 mic, berbeda dengan dua cawapres lainnya merupakan klaim yang menyesatkan,” tulis Turn Back Hoax.

Kemudian, platform fact checker yang dikelola oleh komunitas Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) tersebut menyampaikan, bahwa apa yang dikenakan Gibran dan dua cawapres lain di sedi debat tersebut adalah sama. Yakni 3 buah microphone, yakni clip on yang dipasang di baju, mic tangan yang dipegang dan headphone yang dipasang di kepala.

“Dari siaran ulang Debat Calon Wakil Presiden Pemilu Tahun 2024 yang ditayangkan di kanal Youtube KPU RI, pada 1:43:54, terlihat ketiga Cawapres mengenakan alat yang sama, yaitu clip-on yang terpasang di dada dan mic di telinga. Selain itu pada 2:00:31, Cawapres no 1, Muhaimin Iskandar atau yang dikenal sebagai Cak Imin juga memegang mikrofon seperti yang digunakan oleh Gibran,” terangnya.

Berikut adalah dua tangkapan layar dari paparan Gibran di sesi yang sama, yakni penyampaian visi misi didebat Cawapres 2024 ;