HOLOPIS.COM, JAKARTA – Terekam kamera CCTV, detik-detik ledakan yang terjadi di tungku smelter PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel atau PT ITSS di Morowali, Sulawesi Tengah.

Dipantau Holopis.com dari unggahan Instagram @net2netnews, Minggu (24/12), terlihat jelas bagaimana detik-detik ledakan yang terjadi, dimana api perlahan muncul dan membesar hingga meledak ke segala sisi.

Terlihat juga sejumlah karyawan yang ada di dalamnya menyaksikan langsung hal itu terjadi.

Sebagai informasi tambahan, hingga kini belasan orang akibat ledakan tersebut dikabarkan meninggal dunia. Selain itu, puluhan lainnya mengalami luka.

Dalam hal ini, Kepala Media Relation PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMPI), Dedy Kurniawan menerangkan bahwa untuk saat ini, jumlah korban akibat ledakan tungku smelter pengolahan nikel milik PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) menyentuh 51 orang karyawan.

“Informasi awal yang dihimpun dari Klinik IMIP hingga pukul 10.00 WITA, jumlah korban saat ini sebanyak 51 orang. Sebanyak 12 orang diantaranya meninggal dunia dan 39 lainnya mengalami luka berat hingga luka ringan,” ungkap Dedy.

Dedy juga menjelaskan bahwa dari 12 orang yang meninggal dunia itu, tujuh diantaranya Warga Negara Indonesia (WNI), dan lima lainnya merupakan Warga Negara Asing (WNA).

Selain itu, Dedy mengatakan, ada pun korban-korban terdampak telah dievakuasi ke klinik 1 dan 2 PT IMIP itu sendiri.

Hingga kini, belum ada informasi lebih lanjut mengenai penyebab utama ledakan disertai kebakaran hebat di ungku smelter PT ITSS tersebut.

Untuk video selengkapnya, klik di sini.