HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kaesang Pangarep mengungkapkan kondisi dirinya ketika terus menerus keluarganya mendapatkan hinaan serta cacian selama ayahnya Jokowi menjabat sebagai presiden.

Saat bertemu relawan di Jawa Tengah, Kaesang pun mengaku sempat tersulut emosinya ketika fitnah tersebut sudah sampai kepada ibunya, Iriana Widodo. Padahal, awalnya dirinya mengaku masih bisa bersikap biasa saja ketika fitnah serta cacian itu mengarah kepada ayahnya.

“Jadi ini yang biasanya beberapa bulan-bulan kemarin ada yang ngomongin tentang keluarga kami, juga di Solo. Sebelum-sebelumnya juga ada, selalu ada seperti itu. Ketika kami sebagai anak, kalau saya, kalau bapak saya difitnah, dihujat, saya masih nggak apa-apa,” kata Kaesang pada Selasa (19/12) seperti dikutip Holopis.com.

Kaesang kemudian menyayangkan ketika fitnah tersebut kemudian diproduksi oleh salah satu media sehingga membuatnya mengaku terbakar emosinya.

“Tapi ketika ibu saya dibilangnya nggak sesuai, kemarin yang dari Solo habis itu ada juga kemarin yang bocor alusnya dari Tempo ya kalau nggak salah, itu sebenernya saya dalam hati nggak mungkin bisa terima sebagai anak,” ungkapnya.

Kaesang kemudian mengaku baru bisa tenang dan tak terpancing emosi dengan fitnah dan hujatan yang diterima keluarganya setelah dirinya berbincang dan mendapatkan nasihat dari ibunya.

“Cuma ketika saya bilang ke ibu, saya harus apa. Ibu saya cuma bilang satu, ‘Nak, kamu cari uang aja nggak usah diurusin yang kayak begitu’,” bebernya.

Meski sudah mendapatkan nasihat dari Iriana, toh Kaesang ternyata masih sedikit membandel. Dimana dirinya kemudian nekat terjun total ke politik demi merebut simpati masyarakat.

“Ya sudah, karena kalau ketika saya udah bilang diperintah ibu untuk cari uang aja, tapi saya tetep melakukan hal yang lain berarti saya tidak patuh kepada ibu saya. Jadi ketika ibu saya ngomong itu, ya udah, hati saya langsung reda, saya lanjut cari duit lagi,” ujarnya.

“Yang di mana sebenernya yang saya lakukan adalah bukan cari duit tapi cari suara,” lanjutnya.

Kaesang kemudian menambahkan, dirinya juga kerap mendapatkan nasihat dari ayahnya bahwa Iriana selaku ibunya selalu mendoakan dirinya dan dua kakaknya, Gibran Rakabuming Raka serta Kahiyang Ayu.

“Bapak selalu bilang ke saya ‘Nak ibumu setiap hari salat tahajud buat kamu, buat Gibran, buat Mbak Kahiyang’, itu yang membuat kami ingin selalu berjuang karena ibu saya selalu mendoakan kami semuanya,” tuntasnya.