BerandaHistoryHari Solidaritas Kemanusiaan Internasional, Pentingnya Empati di Tengah Krisis dan Konflik

Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional, Pentingnya Empati di Tengah Krisis dan Konflik

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran dan mempromosikan solidaritas kemanusiaan di tingkat internasional, PBB menetapkan tanggal 20 Desember sebagai Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional. Hari ini bertujuan untuk menghormati dan mengakui peran penting yang dimainkan oleh pekerja kemanusiaan dalam membantu dan melindungi mereka yang membutuhkan, terutama di tengah krisis dan konflik.

Mengenang Solidaritas Kemanusiaan tiap 20 Desember

Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional menjadi momen untuk menghormati dedikasi dan pengorbanan pekerja kemanusiaan di seluruh dunia. Mereka yang bekerja di lapangan, termasuk relawan dan personel bantuan, seringkali menghadapi kondisi sulit dan risiko pribadi untuk memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan.

Demi mengandalkan kerja sama dalam memecahkan masalah internasional yang berkaitan dengan ekonomi, sosial, budaya, ataupun kemanusiaan, pada tanggal 22 Desember 2025, awalnya Majelis Umum PBB secara resmi mendeklarasikan bahwa tanggal 20 Desember sebagai Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional.

Penerbit Iklan Google Adsense

Refleksi dan Tindakan Selanjutnya

Tanggal 20 Desember juga dapat dijadikan waktu untuk merefleksikan pencapaian dan kegagalan dalam upaya kemanusiaan serta merencanakan langkah-langkah selanjutnya.

Peningkatan solidaritas kemanusiaan memerlukan komitmen yang berkelanjutan dari semua pihak untuk menciptakan dunia yang lebih aman, adil, dan berdaya.

Melalui Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional, diharapkan kesadaran akan pentingnya solidaritas dan dukungan terhadap kemanusiaan dapat terus tumbuh, dan bahwa komitmen global terhadap perlindungan hak asasi manusia dan penanggulangan penderitaan manusia dapat diperkuat.

Tema Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional Tahun 2023

Pada tahun ini, tema Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional di tahun 2023 adalah Advokasi untuk Perubahan. Tema ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran mengenai masalah global, serta advokasi kebijakan yang mengutamakan kesetaraan, hak asasi manusia, serta keadilan sosial.

Hari ini juga sangat penting untuk dirayakan mengingat hak asasi manusia yang sedang mengalami krisis dalam berbagai peperangan yang sedang terjadi pada saat ini.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Hari Pustakawan Nasional 7 Juli, Simak Serajarahnya

Hari Pustakawan Nasional yang diperingati setiap tanggal 7 Juli memiliki sejarah yang panjang dan penting bagi perkembangan literasi di Indonesia.

Sejarah Penetapan 1 Muharram sebagai Awal Tahun Baru Islam

1 Muharram merupakan hari pertama dalam kalender Hijriah, atau sebagai pertanda tahun baru Islam. Momen pergantian tahun ini merupakan momen yang sangat dinantikan - nantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia.

Hari Bulutangkis Sedunia, Gembira dalam Olahraga

Setiap tahun pada tanggal 5 Juli, komunitas bulutangkis di seluruh dunia bersatu untuk merayakan Hari Bulutangkis Sedunia.

Hari Bank Indonesia : Sejarah Serta Maknanya

Hari Bank Indonesia selalu diperingati di Indonesia setiap tahunnya tepat di tanggal 5 Juli.

Menelusuri Jejak Sejarah Rokok di Indonesia

Rokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, bukan sekadar benda untuk dihisap. Rokok telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya dan tradisi, menemani berbagai momen penting dalam kehidupan

Sejarah Stadion Olimpiade Berlin yang Jadi Venue Laga Pembuka 16 Besar Euro 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Stadion Olimpiade Berlin atau Olympiastadion resmi jadi venue laga pembuka babak 16 besar Euro 2024. Lantas, seperti apa sejarah stadion tersebut?...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS