HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pelengkap makanan atau condiments asal Indonesia, jadi yang paling terbaik di Asia Tenggara. Seperti bawang goreng, kecap manis dan serundeng.

Ketiga condiments khas Indonesia ini, masuk dalam lima besar yang terenak versi TasteAtlas yang dinilai menggunakan mekanisme penilaian khusus.

Dikutip Holopis.com dari TasteAtlas, Rabu (20/12), dijelaskan bawang goreng adalah bumbu tradisional Indonesia. Bawang goreng dibuat dengan cara menggoreng bawang merah yang diiris tipis-tipis dalam minyak sampai bawang merah menjadi garing dan berwarna keemasan.

“Rasanya digambarkan pahit dan gurih. Setelah disiapkan, bumbu ini biasanya disimpan dalam stoples kedap udara untuk digunakan di kemudian hari,” tulis TasteAtlas.

“Bumbu ini biasa ditaburkan di atas berbagai masakan Indonesia seperti nasi goreng, sate ayam, bakso, semur dan sop buntut. Bawang goreng dapat dibeli di sebagian besar supermarket dan toko kelontong di Indonesia,” sambungnya.

Kemudian, kecap manis yang disebutkan sebagai bumbu tradisional Indonesia yang juga terkadang digunakan sebagai saus masakan. Kecap jenis ini sangat aromatik dan dimaniskan dengan gula aren.

“Warnanya lebih gelap dari kecap biasa, teksturnya kental dan seperti sirup, dan rasa manisnya memiliki sedikit rasa molase, karamel, dan butterscotch,” jelasnya.

Condiments asli Indonesia, ada Serundeng yang juga bumbu tradisional Indonesia yang biasanya diasosiasikan dengan Jawa. Dibuat dari kombinasi kelapa parut yang disangrai dan berbagai bumbu dan rempah-rempah seperti bawang putih, bawang bombay, kunyit, asam, daun jeruk, cabai, ketumbar, lengkuas, daun salam, dan gula.

Tidak dari Indonesia, beberapa negara seperti Thailand dan Vietnam juga masuk dalam 5 besar pelengkap makanan terenak versi TasteAtlas.

Berikut ini 5 condiments Asia Tenggara terenak versi TasteAtlas :

1. Bawang Goreng (Indonesia)
Berhasil mendapat penilaian bintang 4,6 dari 5

2. Sriracha (Thailand)
Berhasil mendapat penilaian bintang 4,2 dari 5

3. Phu Quoc Fish Sauce (Vietnam)
Berhasil mendapat penilaian bintang 4,2 dari 5

4. Kecap Manis (Indonesia)
Berhasil mendapat penilaian bintang 4,1 dari 5

5. Serundeng (Indonesia)
Berhasil mendapat penilaian bintang 3,8 dari 5