Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Jangan Lakukan Hal Sepele Ini Agar AC Mobil Tetap Dingin

6. Jangan merokok di dalam mobil karena asapnya bisa mengotori evaporator
Nikotinnya yang lengket dan berlendir serta menimbulkan bau tak sedap dan susah hilang.

Pastikan AC dalam kondisi mati ketika anda menghidupkan mesin mobil. Hal ini berlaku sebaliknya, matikan AC sebelum mesin mobil dimatikan.

7. Jaga kebersihan kabin mobil
Auto2000 mengungkapkan bahwa kabin mobil yang kotor dan berdebu dapat mengganggu kebersihan AC mobil. Kondisi ini dapat menyebabkan AC menjadi tidak dingin dan udara yang diembuskan juga menjadi tidak sehat karena kotor. Apalagi AC mobil menggunakan sistem sirkulasi tertutup yang memanfaatkan udara di kabin mobil untuk didinginkan secara berulang-ulang.

8. Hindari membuka kaca mobil Saat berjalan
Pengguna mobil mesti membuka kaca mobil karena kondisi tertentu, seperti ketika membayar tol atau parkir. Segera tutup kaca mobil agar kotoran tidak banyak masuk ke kabin mobil.

Usahakan jangan membuka kaca mobil jika tidak ada kepentingan agar kabin tetap sejuk dan kerja AC tidak terlalu berat karena udara di dalam mobil selalu dingin.

Perawatan AC Mobil
Perawatan AC Mobil agar tetap dalam kondisi dingin saat digunakan. [Foto : Ist]
9. Jangan merokok di dalam mobil
Aroma tidak sedap dari asap rokok sangat sulit dihilangkan dan akan menempel di berbagai sudut kabin mobil. Asap rokok juga mempunyai potensi masuk ke dalam sistem sirkulasi AC mobil sehingga udara dan aroma tidak sedap akan bercampur dengan udara pendingin kabin.

Asap rokok juga akan menempel di filter kabin atau filter AC, yang menyaring udara dari AC mobil. Filter yang kotor akan memperpendek usia pakai dan dapat memicu kerusakan.

10. Bersihkan filter AC mobil
Filter AC mobil atau ada yang menyebutnya sebagai filter kabin adalah penyaring udara untuk mendinginkan kabin mobil.

Posisi filter AC biasanya berada di dasbor dan mengambil udara dari sisi kaki penumpang depan. Lokasi ini sangat rentan kotor. Oleh karena itu pemilik mobil harus memastikan kebersihan filter AC.

Apabila AC mobil terasa sudah tidak segar dan kurang nyaman, pemilik mobil dapat berkonsultasi dengan service advisor bengkel agar dilakukan pengecekan atau pembersihan.

11. Gunakan pengharum mobil yang sesuai
Aroma wangi yang keluar dari pengharum mobil belum tentu cocok untuk semua orang. Maka gunakan parfum dengan aroma netral atau tidak menyengat.

Menurut Auto2000, Pemilihan pengharum ruangan yang tidak sesuai dapat membuat AC cepat kotor dan merusak interior mobil, seperti meninggalkan bercak noda. Jenis bahan pengharum mobil juga perlu mendapat perhatian khusus, sebab kandungan kimia pada bahan pengharum akan mengotori kondensor AC.

12. Selalu servis berkala
Servis berkala AC mobil dan komponen lain secara keseluruhan akan membuat kondisi mobil selalu prima. Auto2000 menyarankan servis berkala mengacu kepada buku panduan perawatan mobil, yakni setiap enam bulan atau 10.000 km pemakaian.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Huawei Mau Ikut Ramaikan Pasar Kendaraan Listrik di Indonesia

Huawei dikabarkan akan memperluar sayap bisnisnya di Indonesia, tidak hanya di pasar teknologi informasi dan komunikasi. Seperti diketahui, Huawei punya beberapa produk gadget yang dipasarkan di Indonesia.

Pabrik Handal Bekasi jadi Lokasi Perakitan Mobil Listrik Neta X

Mobil Listrik Neta X mulai dirakit di pabrik Handal, Bekasi, Jawa Barat. Ini menjadi produk kedua PT Neta Auto Indonesia yang dirakit di Indoensia, setelah sebelumnya ada Neta V-II.

Motor TVS di Indonesia Dijual Mulai dari Rp 14 Jutaan, Ada Matik hingga Listrik

TVS menjadi salah satu pemain otomotif roda dua di Indonesia, dengan beberapa model motor yang menjadi andalan. Kendaraan, asal India itu terkenal cukup 'bandel' biarpun harganya murah.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru