Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024

Jangan Lakukan Hal Sepele Ini Agar AC Mobil Tetap Dingin

HOLOPIS.COM, JAKARTA – AC (air conditioner) pada mobil sangat penting karena menjadi penunjang kenyamanan dari orang yang ada di dalamnya. Apalagi dalam kondisi cuaca panas dan hujan.

Salah satu faktor yang membuat AC dingin, yakni freon atau refrigerant yang merupakan senyawa kimia yang dapat berubah bentuk dari cair ke gas di dalam sistem AC mobil.

Dikutip Holopis.com dari laman Auto2000, Selasa (19/12), bila freon berkurang maka kebanyakan AC mobil akan berkurang pula tingkat kedinginannya.

Namun, bukan itu saja penentu bahwa freon yang berkurang. Ciri yang penting untuk menentukan freon AC mobil itu berkurang adalah udara yang diembuskan di kabin terasa bau apek.

Bau apek ini dihasilkan karena ruang evaporator yang lembab. Karena lembab inilah embusan udara ke kabin akan menjadi bau apek.

Agar tidak cepat rusak, sebaiknya Sobat Holopis melakukan servis secara berkala.

Tapi ada baiknya lakukan beberapa tips berikut ini. Untuk menjaga kinerja AC tetap dingin.

1.Jaga kebersihan karpet atau lantai mobil
Kebersihan lantai mobil menjadikan udara di dalam kabin mobil juga ikut bersih. Dengan demikian, filter AC tidak bekerja terlalu keras untuk menyaring debu dan kotoran, dan juga tidak cepat kotor.

2. Saat mencuci mobil, buka kap mesin
Semprotkan air yang kencang pada bagian kondensor AC (yang bentuknya mirip radiator dan biasanya terletak didepan radiator) kotoran atau debu yang menempel bila dibiarkan akan mengeras bisa mengakibatkan korosi atau keropos sehingga menjadi bocor pada bagian kondensor.

3. Memilih tempat parkir yang teduh jika parkir dalam waktu yang cukup lama
Hal itu karena kalau di tempat panas biasanya pas pengemudi masuk, ruang dalam cukup panas dan mengakibatkan membutuhkan proses pendinginan yang lama. Selain itu beban pendinginan saat mobil berjalan pun ikut tinggi.

4. Ketika menempuh perjalanan jauh, matikan AC beberapa saat, lalu hidupkan kembali
Tujuannya untuk mengistirahatkan AC agar tidak terus-menerus mendinginkan kabin mobil, dan menghindari pembekuan pada saluran AC.

5. Selalu memastikan extrafan kipas yang di depan kondensor selalu hidup
Yakni ketika AC dalam kondisi hidup. Extrafan yang mati dalam kondisi AC hidup dapat beresiko merusak kompresor atau bahkan mengakibatkan selang kompresor meledak.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Huawei Mau Ikut Ramaikan Pasar Kendaraan Listrik di Indonesia

Huawei dikabarkan akan memperluar sayap bisnisnya di Indonesia, tidak hanya di pasar teknologi informasi dan komunikasi. Seperti diketahui, Huawei punya beberapa produk gadget yang dipasarkan di Indonesia.

Pabrik Handal Bekasi jadi Lokasi Perakitan Mobil Listrik Neta X

Mobil Listrik Neta X mulai dirakit di pabrik Handal, Bekasi, Jawa Barat. Ini menjadi produk kedua PT Neta Auto Indonesia yang dirakit di Indoensia, setelah sebelumnya ada Neta V-II.

Motor TVS di Indonesia Dijual Mulai dari Rp 14 Jutaan, Ada Matik hingga Listrik

TVS menjadi salah satu pemain otomotif roda dua di Indonesia, dengan beberapa model motor yang menjadi andalan. Kendaraan, asal India itu terkenal cukup 'bandel' biarpun harganya murah.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru