HOLOPIS.COM, JAKARTA – Penampilan bekas luka memang bisa mengganggu penampilan. Apalagi jika bekas luka bisa terlihat di bagian kulit yang sering terekspos dan tidak ditutupi baju.

Namun jangan khawatir Sobat Holopis, ada beberapa tips alami yang bisa kamu ikuti, agar obat luka bisa cepat hilang.

1. Minyak Rosehip

Minyak rosehip kaya akan asam lemak esensial dan vitamin C, yang dikenal baik untuk regenerasi sel kulit. Oleskan minyak ini secara teratur pada bekas luka. Jika menggunakan dengan teratur, bekas luka akan sembuh secara perlahan.

2. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Sama seperti minyak rosehip, gel lidah buaya juga memiliki sifat antiinflamasi dan regeneratif. Oleskan gel lidah buaya asli pada bekas luka beberapa kali sehari. Lidah buaya yang dibeli juga yang haus memiliki kandungan asli dan tidak terlalu banyak alkohol ya.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan memudarkan bekas luka. Pijat lembut minyak kelapa pada bekas luka secara teratur. Bekas luka dijamin bisa sembuh secara perlahan.

4. Madu

Madu dikenal memiliki sifat antibakteri dan dapat membantu menyembuhkan kulit. Oleskan madu pada bekas luka dan biarkan selama beberapa jam sebelum dicuci bersih. Jangan dibiarkan terlalu lama ya Sobat Holopis agar menghindari lengket karena madu.

5. Minyak Lavender

Minyak esensial lavender diketahui memiliki efek menenangkan dan dapat membantu dalam proses penyembuhan. Campurkan minyak lavender dengan minyak pembawa (seperti minyak kelapa) dan aplikasikan pada bekas luka.

6. Minyak Tea Tree

Minyak tea tree memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi. Tetapi, pastikan untuk mengencerkan minyak tea tree dengan minyak pembawa sebelum mengaplikasikannya pada kulit.

7. Lemon atau Jeruk Nipis

Asam sitrat dalam lemon atau jeruk nipis dapat membantu memudarkan bekas luka. Oleskan perasan lemon atau jeruk nipis pada bekas luka, hindari sinar matahari langsung dan bilas setelah beberapa menit.

8. Baking Soda

Campurkan baking soda dengan air untuk membuat pasta, kemudian oleskan pada bekas luka dan biarkan beberapa menit sebelum dibilas.