HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi (Joko Widodo) telah terbang ke Tokyo, Jepang, pada Sabtu (16/12) pagi WIB untuk menghadiri KTT ASEAN-Jepang.

Presiden Jokowi berangkat ke Tokyo dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Sebelum perjalanan, mantan Wali Kota Solo tersebut menyebut bahwa akan ada tiga acara utama di Jepang nanti.

“Hari ini saya bersama-sama dengan rombongan terbatas akan melakukan kunker (kunjungan kerja) ke Jepang. Jepang merupakan mitra penting, merupakan mitra strategis bagi Indonesia, dan Jepang juga mitra pentng dan mitra strategis bagi ASEAN,” ungkap Jokowi, sebagaimana informasi yang dikutip Holopis.com, Sabtu (16/12).

“Tiga acara utama di Tokyo yaitu melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Fumio Kishida, kemudian bersama dengan PM Kishida saya juga akan memimpin KTT ASEAN-Jepang,” tambahnya.

Sementara itu, Presiden Jokowi juga menyebut bahwa ada pun acara lainnya yakni akan menghadiri KTT Asia Zero Emission Communitty (AZEC).

Selain itu, akan ada pembahasan lain nantinya bersama PM Fumio Kishida, yang diantaranya kerja sama infrastruktur, transisi energi, ekonomi, mineral kritis dan kerja sama maritim.

Kemudian, ada juga Presiden Jokowi dan PM Fumio Kishida akan memimpin KTT 50 tahun ASEAN-Jepang dengan tema ‘Golden Friendship, Golden Opportunity’.

Dalam KTT ini, Presiden Jokowi menuturkan bahwa akan membahas penguatan kemitraan ASEAN-Jepang yang berorientasi masa depan.

“Antara lain ekonomi hijau, percepatan transformasi digital dan juga implementasi dari ASEAN outlook Indo-Pasifik,” ujarnya lagi.