HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ganda putra badminton Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal meraih kemenangan di laga pamungkas fase grup BWF World Tour Finals 2023.

Dalam pertandingannya di Hangzhou Olympic Sports Centre Gymnasium, Jumat (15/12), Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhadapan dengan ganda putra andalan Korea Selatan, Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto pun harus menyerah atas pasangan Korea Selatan itu, dengan skor sengit hingga rubber game, yakni 20-22, 21-17 dan 12-21.

Meski menderita kekalahan, namun Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tetap berhasil lolos ke babak semifinal BWF World Tour Finals 2023.

Kendati demikian, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto lolos ke semifinal BWF World Tour Finals 2023 dengan status runner-up Grup B sektor ganda putra. Sementara, Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae menempati posisi teratas di grup tersebut.

Sebagai informasi tambahan, Indonesia juga telah memastikan dua wakil lainnya ke babak semifinal BWF World Tour Finals 2023, keduanya dari sektor tunggal putra, atas nama Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting.

Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting sejatinya masih akan bertanding hari ini, namun statusnya telah lolos ke semifinal BWF World Tour Finals 2023 karena telah mengantongi dua kemenangan.

Laga hari ini juga menjadi penting bagi Jonatan Christie dan Anthony Ginting, karena kemenangan akan membawa mereka menempati posisi puncak klasemen grupnya masing-masing.

Selain itu, ada dua wakil Indonesia lainnya juga yang akan bertanding di hari ini, yaitu atas nama Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana dan Gregoria Mariska Tunjung. Mereka sejatinya sudah dinyatakan gugur, namun setidaknya hasil kemenangan di laga pamungkas ini membuat kepercayaan diri mereka kembali.

Ada pun wakil Indonesia lainnya yang telah bermain, atas nama Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, mereka kalah atas wakil tuan rumah Liu Sheng Shiu/Tan Ning dengan skor 13-21 dan 8-21.

Hasil tersebut membuat Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti gugur di BWF World Tour Finals 2023, karena hanya menempati posisi tiga klasemen akhir.