HOLOPIS.COM, JAKARTA – Barcelona kembali harus menanggung malu setelah kalah di tangan Royal Antwerp 3-2, pada laga pamungkas fase grup Liga Champions. Namun, Blaugrana tetap jadi yang teratas di Grup H, sehingga lolos ke babak 16 besar dengan status juara grup.

Diketahui, pertandingan Royal Antwerp vs Barcelona digelar di Bosuil Stadion, Kamis (14/12) dini hari WIB. Tim tuan rumah langsung tancap gas sejak awal babak pertama. Blaugrana sendiri main dengan sebagian skuad lapis dua.

Secara mengejutkan, permainan baru berjalan dua menit, Antwerp sukses membukukan skor melalui torehan Arthur Vermeeren.

Pasca gol, Barcelona mencoba mengambil alih permainan, intensitas serangan Blaugrana langsung gencar menghujani pertahanan Antwerp.

Meski begitu, Barcelona nampak kesulitan untuk bisa membuahkan hasil, karena disiplinnya pertahanan Antwerp. Namun, upaya-upaya yang dilakukan Blaugrana akhirnya berujung manis, Ferran Torres sukses menyamakan kedudukan skor di menit 35. Babak pertama pun ditutup dengan skor 1-1.

Pada babak kedua, sempat ada drama, dimana Barcelona hampir kehilangan satu pemain karena Sergi Roberto diganjar kartu merah, namun VAR menyelamatkannya sehingga sang wasit hanya mengganjar dengan kartu kuning.

Setelah itu, gawang Barcelona kembali terhentak, Antwerp sukses menciptakan gol di menit 56 oleh Vincent Janssen.

Barcelona sejatinya langsung merespon gol tersebut, tiga pemain inti mereka masukkan, ada Gundogan, Cancelo dan Pedri. Ketiganya diharapkan Xavi untuk bisa membalikan keadaan.

Dirasa perlu menambah kekuatan lagi, Barcelona kembali memasukan pemain, yang salah satunya Marc Guiu di menit krusial.

Kehadiran Marc Guiu tersebut akhirnya sesuai ekspektasi, pemain Timnas Spanyol U-17 yang main di Piala Dunia U-17 2023 Indonesia tersebut sukses menciptakan skor di menit 90+1.

Meski begitu, Barcelona kembali kecolongan, Antwerp sukses menciptakan gol kemenangan di menit 90+2 melalui George Ilenikhena. Blaugrana pun pada akhirnya menyerah dengan skor 2-3.

Dengan demikian, hasil tersebut jadi kekalahan Barcelona kedua secara beruntun, dimana sebelumnya skuad asuhan Xavi Hernandez juga tumbang di tangan Girona dengan skor 2-4 pada lanjutan Liga Spanyol.

Meski begitu, kekalahan atas Antwerp tak berpengaruh apa pun bagi Barcelona, Blaugrana tetap lolos ke babak 16 besar Liga Champions dengan status juara Grup H.

Barcelona sejatinya punya poin sama dengan Porto di papan klasemen Grup H, namun Blaugrana tetap bertahan di posisi puncak, karena selisih kemasukan gol yang lebih sedikit.