HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sebanyak delapan tim harus turun tahta ke Liga Europa, usai gagal melangkah ke babak 16 besar Liga Champions. Salah satunya terdapat tim top Liga Italia, yaitu AC Milan.

Sebelum itu, perlu diketahui bahwa babak fase grup Liga Champions telah rampung seluruhnya, dua tim teratas dari masing-masing grup otomatis melangkah ke babak 16 besar.

Kemudian, tim yang finis di posisi tiga klasemen akhir fase grup Liga Champions, akan turun tahta ke kompetisi level kedua Eropa, dalam hal ini Liga Europa.

Sebanyak delapan tim pun telah menetapkan diri untuk melanjutkan kiprahnya di kompetisi Eropa, namun tak serta merta langsung masuk ke Liga Europa dan bertanding memperebutkan tahap berikutnya.

Seluruh tim peringkat tiga yang terlempar dari Liga Champions itu akan melakoni babak playoff Liga Europa terlebih dahulu, dimana mereka akan menghadapi tim yang finis di peringkat dua fase grup dari Liga Europa itu sendiri. Setelah itu, seluruh pemenangnya akan otomatis masuk ke babak 16 besar Liga Europa.

Menariknya, ada salah satu klub papan atas yang harus melakoni fase tersebut, yaitu AC Milan, mengingat Rossoneri harus puas finis di posisi tiga klasemen Grup F/grup neraka meski menang atas Newcastle United di laga pamungkasnya. Maka dari itu, tim yang nantinya bertemu AC Milan, perlu waspada betul.

Kini, Liga Europa sendiri akan memasuki tahap akhir, dimana sejumlah tim sejatinya telah dipastikan lolos ke 16 besar, namun ada juga yang masih berjuang menempatkan posisi mereka untuk finis di urutan kedua dan melakoni babak playoff.

Berikut ini daftar tim yang finis di peringkat tiga pada masing-masing grup Liga Champions, yang kemudian terlempar ke Liga Europa dan akan main di babak playoff babak 16 besar :

GRUP A : Galatasaray
GRUP B : Lens
GRUP C : Braga
GRUP D : Benfica
GRUP E : Feyenoord
GRUP F : AC Milan
GRUP G : Young Boys
GRUP H : Shakhtar Donetsk