HOLOPIS.COM, JAKARTA – Jujutsu Kaisen telah diakui para penggemar anime sebagai anime paling populer yang ditayangkan saat ini, dengan semua pertarungan gila dan alur cerita yang seru untuk disaksikan.

Namun, terlepas dari keindahan grafis pertarungan di balik anime ini ternyata ada juga protes dari para animator tentang betapa mereka terlalu banyak bekerja saat mengerjakan season 2 tersebut.

Kini, sebuah petisi kembali dibuat untuk memohon kepada pendiri Mappa, Masao Maruyama, untuk memberikan kondisi kerja yang lebih baik bagi para animator Mappa.

Selama sebulan terakhir, berbagai animator telah menuliskan curahan hati mereka melalui akun media sosial X/Twitter tentang kondisi kerja yang tidak masuk akal tersebut.

Meski tidak satu pun dari animator tersebut yang secara langsung menyebut Jujutsu Kaisen atau Mappa, terlihat dari postingan di timeline mereka bahwa mereka sedang mengerjakan Jujutsu Kaisen.

Jadi kenapa mereka tidak menunjuk langsung ke Mappa? Kabarnya, Mappa sudah menandatangani NDA (Non-disclosure agreement), jadi mereka tidak bisa terang-terangan membicarakan serial atau studio anime apa yang sedang mereka kerjakan di media sosial mereka.

Petisi bertajuk “Selamatkan Jujutsu Kaisen dan animatornya dari kondisi kerja gila Mappa!” yang dibuat oleh Benjamin Ng meminta pendiri Mappa, Masao Maruyama, untuk memberikan kondisi kerja yang lebih baik bagi para animator.

petisi jujutsu kaisen
Petisi untuk animator MAPPA di change.org

 

Mereka menuntut tiga hal dalam permohonannya sebagai berikut:

  1. Penundaan diperlukan untuk beberapa episode Jujutsu Kaisen berikutnya.
  2. Agar para animator mempunyai waktu untuk menghasilkan karya yang hebat
    Kondisi kerja yang lebih baik bagi para animator, sehingga mereka selalu bisa menjadi yang terbaik dan memberikan yang terbaik untuk serial ini.
  3. Kerangka waktu yang realistis untuk menganimasikan serial mulai saat ini. Untuk memberikan ruang bagi para animator untuk bernapas dan mencegah kelelahan.

Pembuat petisi menyatakan keprihatinannya bahwa kualitas animasi akan menurun dan para animator akan mengundurkan diri karena beban kerja yang tak tertahankan, yang akan berdampak negatif pada proyek anime lain, seperti Chainsaw Man, yang memiliki staf yang sama dengan Jujutsu Kaisen.

Petisi ini sudah mendapatkan lebih dari 100 tanda tangan dan terus bertambah. Ini bukan pertama kalinya Mappa mendapat kritik atas perlakuannya terhadap animator.

Tiga minggu yang lalu, petisi lain diluncurkan dengan judul “Petisi MAPPA untuk Menghentikan Pelanggaran Hak Asasi Manusia dan Hak Kerja yang Etis”.

Meskipun Mappa belum secara resmi menanggapi petisi tersebut, banyak yang berharap studio tersebut memperhatikan dan meningkatkan kondisi kerja para stafnya.

Jujutsu Kaisen adalah serial fenomenal yang pantas mendapatkan animasi terbaik, namun tidak mengorbankan kesehatan dan kebahagiaan dari para animator.