Categories: Otomotif

Honda Accord RS Hybrid Masuk Indonesia Harganya Jadi Mahal, Begini Alasannya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Honda Accord RS Hybrid akhirnya hadir di Indonesia dengan harga OTR Jakarta (on the road) Rp 959 jutaan. Mobil yang pertama kali diluncurkan di Thailand ini merupakan sedan flagship dari pabrikan Jepang.

Direktur Pemasaran PT HPM, Yusak Billy mengatakan, harga di Indonesia dengan Thailand memang berbeda. Perbedaan harganya mencapai Rp 166 juta lebih mahal dari yang ada di Thailand.

“Honda Accord RS Hybrid merupakan produk yang dibuat di Thailand. Sementara kendaraan yang dijual di Indonesia berstatus impor utuh dari sana. Itulah mengapa secara harga ada selisih yang cukup jauh,” jelasnya pada Minggu (10/12) seperti dikutip Holopis.com.

Selain itu, perbedaan harga ini ditambah adanya subsidi yang cukup besar di Thailand. Sementara harga jual di Indonesia semakin bertambah mahal karena ada faktor-faktor lain yang berkaitan dengan administrasi kendaraan.

“Jadi penyebabnya ada banyak, kita kan juga impor (dari Thailand), pajak kebanyakan sih, termasuk pajak barang mewah. Kemudian yang dibilang tadi, soal subsidi hybrid di sana kan beda. Jadi macem-macem lah,” ujar Yusak.

Diketahui, Thailand memang dikenal dengan subsidi mobil hybrid-nya yang besar. Yusak memang tak mengurai secara detail soal besaran angkanya. Namun, dikutip Holopis.com dari laman NationThailand, subsidinya berupa pengurangan pajak hingga 14 persen.

Di Indonesia, PKB dan BBNKB mobil hybrid sama seperti mobil bermesin bensin, yakni 12,5 persen dan 1,75 persen, sehingga totalnya mencapai 14,25 persen. Sedangkan tarif PPnBM-nya 6 persen, sesuai PP 74 tahun 2021.

Sebagai catatan, di Thailand Honda Accord hybrid hadir melalui tiga varian berbeda, pertama E, kedua ada varian EL dan terakhir varian RS. Sementara harganya di Thailand paling murah Rp 670 jutaan dan yang termahal Rp 793 jutaan.

Ronalds Petrus Gerson

Share
Published by
Ronalds Petrus Gerson
Tags: HyundaiMobil

Recent Posts

Aparat Tembak Mati Teroris Papua

Aparat gabungan TNI Polri melakukan penyerbuan markas teroris Papua di Topo, Nabire.

18 menit ago

PSI Tawarkan Koalisi di Pilkada Jakarta, PKS : Paketnya Sesuai Arahan Presiden!

PKS mengaku terbuka dengan tawaran PSI untuk berkoalisi di Pilkada Jakarta 2024.

18 menit ago

Mahfud MD Sarankan Semua Komisioner KPU Mundur

Mantan Menko Polhukam, Mahfud MD menyarankan agar semua komisioner KPU RI saat ini agar mengundurkan…

1 jam ago

Banjir Landa Lima Kecamatan di Bone Bolango

Bencana banjir melanda beberapa wilayah pada lima kecamatan di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

4 jam ago

Mie Instan Bikin Gendut, Bener Gak Sih?

Mie instan adalah makanan instan yang popular tak hanya di Indonesia namun juga di seluruh…

4 jam ago

Salshabilla Adriani dan Ibrahim Rasyid Diam-diam Menikah, Netizen Terkejut

Pasangan selebriti Salshabilla Adriani dan Ibrahim Risyad resmi menikah pada hari Minggu (7/7). Kabar bahagia…

4 jam ago