Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Kucing Juga Bisa Flu, Ini Beberapa Penyebab yang Harus Dicatat Orang Tua Anabul

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sama seperti manusia, para anabul atau anak bulu seperti kucing juga bisa mengalami flu. Namun, penyebab flu pada kucing itu berbeda dengan flu yang diderita manusia pada umumnya.

Flu pada kucing umumnya disebabkan oleh virus, dan virus yang paling umum adalah Feline Herpesvirus (FHV-1) dan Feline Calicivirus (FCV). Untuk para orang tua anak bulu (anabul) yang bingung apa saja penyebab kucing bisa flu, ini dia beberapa faktor yang bisa menjadi catatan.

1. Virus Feline Herpesvirus (FHV-1)

FHV-1 adalah penyebab umum flu pada kucing. Virus ini menyebar melalui udara atau kontak langsung dengan kucing yang terinfeksi. Gejala flu yang disebabkan oleh FHV-1 meliputi bersin, hidung berair, mata merah atau berair, batuk, dan demam.

2. Virus Feline Calicivirus (FCV)

FCV adalah virus lain yang dapat menyebabkan flu pada kucing. Seperti FHV-1, FCV menyebar melalui kontak langsung dengan kucing yang terinfeksi atau melalui air liur dan sekresi hidung. Gejala flu yang disebabkan oleh FCV termasuk hidung berair, ulkus mulut, bersin, dan demam.

3. Stres

Kucing yang mengalami stres atau kelelahan mungkin lebih rentan terhadap infeksi virus flu. Perubahan lingkungan, perubahan dalam kehidupan sehari-hari, atau situasi stres lainnya dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh kucing.

4. Kondisi Kekebalan Tubuh Lemah

Kucing dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti kucing muda atau kucing yang sudah tua, dapat lebih rentan terhadap penyakit dan infeksi, termasuk flu berat.

5. Kondisi Lingkungan yang Kurang Higienis

Kondisi lingkungan yang kurang bersih atau kurang higienis dapat menjadi tempat berkembang biaknya virus dan bakteri penyebab flu. Kucing yang tinggal di lingkungan yang tidak bersih memiliki risiko lebih tinggi untuk terinfeksi.

6. Kontak dengan Kucing Terinfeksi

Kucing yang berada dalam kontak dekat dengan kucing lain yang terinfeksi flu memiliki risiko tertular penyakit tersebut. Ini dapat terjadi melalui kontak langsung, seperti menjilat atau bersentuhan dengan sekresi hidung atau air liur kucing yang terinfeksi.

7. Vaksinasi Tidak Lengkap

Kucing yang tidak mendapatkan vaksinasi yang lengkap atau tidak mendapatkan vaksinasi secara rutin memiliki risiko lebih tinggi untuk terinfeksi virus penyebab flu.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.

Lokasi SIM Keliling Hari Jumat 20 September di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Jumat 20 September 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

KAI dan Korlantas Polri Gencar Sosialisasikan Keselamatan Kepada Masyarakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru