BerandaNewsEkobizTitah Jokowi ke Sri Mulyani : Awasi Tindak Lanjut Temuan BPK

Titah Jokowi ke Sri Mulyani : Awasi Tindak Lanjut Temuan BPK

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tugas kepada Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati untuk mengawasi tindak lanjut dari temuan Badan Pengawas Keuangan (BPK).

Tugas tersebut tidak lepas dari banyaknya temuan di Kementerian/Lembaga (K/L) dalam Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) I-2023 yang baru saja diserahkan langsung oleh Ketua BPK, Isma Yatun kepada Presiden Jokowi di Istana Negara pada hari ini.

“Presiden menginstruksikan supaya nanti kita sampaikan kepada kementerian/lembaga, BUMN, pemerintah daerah, mengenai temuan BPK agar ditindaklanjuti, dimonitor,” kata Sri Mulyani di Istana Negara, seperti dikutip Holopis.com, Jumat (8/12).

Dalam menjalankan tugas tersebut, Sri Mulyani mengayakan pihaknya di Kemeterian Keuangan (Kemenkeu) akan memetakan bidang-bidang temuan yang termuat dalam hasil pemeriksaan BPK.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Kemenkeu akan memonitor itu dan kita laporkan beberapa temuan lain apakah ini terkait masalah ketahanan energi, kemudian belanja untuk DMO, kemudian beberapa masalah BUMN itu nanti kita tindaklanjuti, nanti kita ada follow up,” jelasnya.

Sebagai informasi, BPK menyatakan hasil kinerja pemerintah pada Semester I-2023 secara umum sangat baik. Hal itu tercermin dari banyaknya K/L yang menerima predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Tercatat dari total 81 K/L, sebanyak 80 K/L menerima predikat WTP. Hanya satu K/L yang menerima opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP), yakni Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo).

Adapun opini tersebut didasari oleh permasalahan aset tetap yang mempengaruhi penilaian, khususnya dalam penyediaan Base Transceiver Station (BTS) 4G BAKTI yang sempat heboh karena kasus korupsi yang menyeret mantan Menkominfo, Johnny G Plate.

Mengenai Kementerian Kominfo yang mendapat opni WDP, Sri Mulyani memastikan akan adanya corrective action. Nantinya, corrective action tersebut akan menentukan status kementerian Kominfo.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Hari Minggu, Harga Emas Antam Libur Dulu

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Rapor Bursa Saham Sepekan, Kapitalisasi Pasar Catatkan Rekor Tertinggi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan pekan ini mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen ke level 7.253,3, dari penutupan pekan lalu yang berada di level 7.063,5.

Harga Emas di Pegadaian Melambung, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.

Jokowi Sebut Harga Pangan di Sulsel Lebih Murah dari Jawa, Kok Bisa?

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, bahwa harga sejumlah komoditas pangan di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam keadaan sangat baik. 
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS