BerandaNewsEkobizMenteri ESDM Ungkap Harga Pertalite Bisa Saja Turun, Tapi Ada Syaratnya

Menteri ESDM Ungkap Harga Pertalite Bisa Saja Turun, Tapi Ada Syaratnya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif menyebut, bahwa harga bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite bisa saja turun dari harga saat ini yang sebesar Rp10.000 per liter.

Namun penurunan harga BBM keluaran PT Pertamina itu tidak serta merta bisa terwujud. Terdapat syarat yang harus terpenuhi agar jenis BBM bersubsidi tersebut bisa diturunkan.

Dikatakan Arifin, bahwa harga pertalite bisa turun jika harga minyak mentah di pasar global berada di bawah US$ 60 per barrel.

“Kalau harga minyak di bawah US$ 60 baru (turun) kayak dulu,” kata Arifin dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (8/12).

Penerbit Iklan Google Adsense

Sebagai informasi, harga minyak mentah berjangka Brent saat ini sebagaimana dikutip Holopis.com dari Bloomberg, berada di angka US$ 75,49 per barrel. Sedangkan untuk minyak mentah berjangka Intermediate West Texas Intermediate (WTI) AS kini sebesar US$70,67 per barrel.

Adapun saat ditanya mengenai harga keekonomian Pertalite saat ini, Arifin enggan menjawabnya. Ia hanya menyebut harga yang dibanderol untuk pertalite saat ini masih lebih murah atau masih ada selisih dari harga keekonomiannya.

“Masih ada selisih,” katanya.

Sekadar informasi saja Sobat Holopis, harga BBM non subsidi seperti pertamax dalam dua bulan terakhir mengalami penurunan. Hal itu sejalan dengam harga minyak dunia yang juga menurun.

Namun untuk jenis BBM bersubsidi seperti pertalite, tidak mengalami penurunan harga. Hal ini lantatan penetapan harga pertalite dilakukan oleh pemerintah, yang tentunya dengan mempertimbangan berbagai faktor.

Salah satu faktor yang menjadi pertimbangan pemerintah dalam menentukan harga jual pertalite adalah kemampuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dalam memberikan subsidi, yang dalam hal ini adalah subsidi energi.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

IHSG Gacor, Ikuti Penguatan Bursa Saham Kawasan Asia dan Global

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Kamis (4/7) berhasil ditutup menguat, mengikuti penguatan bursa saham kawasan Asia dan Global.

Jokowi di Karawang Resmikan Proyek Ekosistem Kendaraan Listrik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan proyek ekosistem kendaraan listrik dan pabrik sel baterai listrik. Ia mengklaim bahwa proyek ini menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

Emas Antam Turun Harga Rp3 Ribu Per Gram Hari Ini

Update harga tersebut berdasarkan pantauan dari laman Logam Mulia, sehingga harga emas batangan terbaru menjadi Rp1.365.000 per gram.

Takjub dengan Atmosfer Jakarta Fair, Ida Fauziyah: Ekonomi Masyarakat Tumbuh

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengapresiasi kehadiran masyarakat ke pameran multiproduk yang bertempat di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran tersebut.

Harga Jual Emas Antam Naik Lagi, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

IHSG Rawan Profit Taking, Tapi Saham Ini Bisa Jadi Ladang Cuan

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi rawan profit taking atau pullback pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS