BerandaNewsMiliterIntegratif TNI-Polri Dalam Penyelesaian Masalah Papua

Integratif TNI-Polri Dalam Penyelesaian Masalah Papua

Laksanakan koordinasi yang baik, tujuannya adalah masalah Papua selesai dan masyarakat Papua sejahtera.

HOLOPIS.COM, PAPUA – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto bertandang ke Papua untuk bertemu dengan masyarakat dan memantau situasi yang ada di Indonesia bagian timur itu. Hal ini dilakukan karena hingga sampai saat ini, masalah Papua belum terselesaikan dengan baik, sehingga arahan langsung dari pimpinan tertinggi di institusi tersebut perlu dilakukan.

Dalam arahannya, Panglima TNI Agus menyatakan bahwa perlu dibuat sebuah konsep bagaimana penyelesaian persoalan di Papua yang sudah berlangsung selama 62 tahun tersebut secara integratif, karena secara de facto dan de jure, Papua merupakan wilayah Indonesia.

“Konsep ini harus terintegratif antara TNI, Polri, Kementerian/Lembaga, tentunya perlu adanya koordinasi yang baik, disesuaikan dengan kearifan lokal seperti yang sudah disampaikan oleh Kapolda, tidak ada letusan,” kata Panglima dalam arahannya di hadapan para prajurit TNI dan Polri, bertempat di Markas Kodam XVII/Cendrawasih, Papua, Jumat (8/12) seperti dikutip Holopis.com.

Kemudian, Jenderal TNI Agus Subiyanto juga menegaskan kepada Komandan Satuan (Dansat) agar dapat melaksanakan koordinasi dengan berbagai institusi baik Polri maupun lembaga pemerintahan. Sehingga penanganan persoalan di Papua bisa dilaksanakan dengan baik.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Laksanakan koordinasi yang baik, tujuannya adalah masalah Papua selesai dan masyarakat Papua sejahtera,” jelasnya.

Untuk menunjang kinerja prajurit, Panglima TNI juga menyampaikan bahwa beberapa waktu lalu telah dilaporkan kepada Presiden RI terkait kenaikan uang lauk pauk. Ia berharap agar Presiden mengabulkan permintaannya itu demi menunjang SDM prajurit agar lebih baik lagi.

“Uang makan operasi sudah saya sampaikan kepada bapak Presiden, atas dukungan dari Kapolri, Insya Allah nanti bulan Januari uang makan untuk personel yang tugas di lima wilayah khususnya Papua bisa disejajarkan dengan Polri,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu pula, Panglima TNI juga mengapresiasi pelaksanaan tugas Prajurit TNI dan Polri dalam menjaga Papua. Kekompakan dan sinergisitas antar kedua lembaga negara di bidang keamanan dan penegakan hukum tetap terpelihara dengan sebaik mungkin.

“Saya juga mengucapkan terima kasih apa yang sudah dilakukan oleh personel TNI-Polri, sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi)nya masing-masing, sehingga Papua masih ada di dalam bingkai NKRI,” tutupnya.

Usai memberikan pengarahan, Panglima TNI pun tampak memberikan bantuan kepada anak-anak keluarga prajurit TNI dan menyerahkan secara simbolis, berupa kunci kendaraan taktis lapis baja ILSV APC 4.5L kepada Komandan Sektor (Dansektor) Barat dan Timur.

Dalam rangkaian kegiatan di Papua tersebut, Panglima TNI juga melaksanakan peninjauan Bhakti Kesehatan, Deklarasi Pemilu Damai, penyerahan Paket Natal kepada Tokoh Adat dan Penyerahan Sembako kepada perwakilan masyarakat bertempat di Lantamal X Jayapura.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

22 Perwira Tinggi Naik Pangkat, Panglima TNI : Saya Tunggu Idenya

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memimpin langsung acara laporan Korps kenaikan pangkat 22 Perwira Tinggi (Pati) TNI.

KSAU Bahas Potensi Kerja Sama Militer Dengan Turki

KSAU Marsekal TNI Tonny Harjono melakukan pertemuan dengan pimpinan pertahanan udara pemerintah Turki, General Ziya Cemal Kadıoğlu di Turkish Air Force Headquarter, Ankara.

KSAL Puji Keberhasilan Kolinlamil Jaga Keamanan Laut Indonesia

KSAL (Kepala Staf Angkatan Laut) Laksamana TNI Muhammad Ali memuji kinerja Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) dalam menjaga perairan Indonesia.

Anak Prajurit TNI AU Raih Emas di Olimpiade Matematika Nasional

Kabar gembira datang dari keluarga besar TNI AU (Angkatan Udara). Pasalnya, anak dari salah satu prajurit TNI AU berhasil meraih medali emas di ajang Olimpiade Matematika tingkat nasional.

TNI AL Amankan Imigran Gelap di Sukabumi

TNI AL (Angkatan Laut) mengamankan puluhan warga asing yang merupakan imigran gelap di pantai Keusik Urug Muara Cikaso, Desa Buniasih, Kec. Tegalbulet, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

KSAU Intip Pengoperasian Pesawat Nirawak Istanbul

KSAU (Kepala Staf Angkatan Udara) Marsekal Tonny Harjono bersama rombongan mengunjungi Baykar Technology di Istanbul.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS