HOLOPIS.COM, JAKARTA – Setiap 7 Desember diperingati sebagai Hari Penerbangan Sipil Internasional atau International Civil Aviation Day (ICAO), yang bertujuan untuk membangkitkan kesadaran akan pentingnya penerbangan sipil internasional bagi pembangunan sosial dan ekonomi negara-negara.

Awal mula hadirnya Hari Penerbangan Sipil Internasional, dimulai pada tahun 1944 dalam sebuah acara yang dihadiri 54 negara berkumpul di Grand Ballroom Hotel Stevens di Chicago atas undangan Amerika Serikat.

Dalam pertemuan tersebut, para delegasi yang hadir menandatangani Konvensi Penerbangan Sipil Internasional atau Konvensi Chicago, perjanjian internasional terkait perkembangan sistem penerbangan sipil global yang menguntungkan semua orang dan bangsa-bangsa di dunia.

Kemudian, sebagai bagian dari kegiatan peringatan 50 tahun ICAO di tahun 1994 Hari Penerbangan Sipil Internasional ditetapkan. Selanjutnya di tahun 1996, berdasarkan inisiatif ICAO dan dengan bantuan Pemerintah Kanada, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa mengadopsi resolusi A/RES/51/33, yang secara resmi mengakui tanggal 7 Desember sebagai Hari Penerbangan Sipil Internasional dalam sistem PBB.

Tujuan Hari Penerbangan Sipil Internasional adalah untuk membantu meningkatkan kesadaran di seluruh dunia akan pentingnya penerbangan sipil internasional bagi pembangunan sosial dan ekonomi negara-negara, serta peran unik ICAO dalam membantu kerja sama negara-negara untuk mewujudkan angkutan cepat global yang melayani seluruh umat manusia.

Ketika PBB dan negara-negara di dunia kini telah mengadopsi Agenda 2030 hingga memulai era baru dalam pembangunan berkelanjutan global, pentingnya penerbangan sebagai mesin konektivitas global semakin relevan dengan tujuan Konvensi Chicago yang menjadikan penerbangan internasional sebagai sebuah upaya untuk mencapai tujuan penggerak utama perdamaian dan kesejahteraan dunia.

Dikutip Holopis.com dari situs PBB, Rabu (6/12), ICAO menetapkan tema Hari Penerbangan Sipil Internasional setiap lima tahun sekali bertepatan dengan hari jadi ICAO tanggal 7 Desember. Perwakilan Dewan ICAO memilih satu tema untuk periode empat tahun penuh.

Pada tahun 2023, Hari Penerbangan Sipil Internasional mengangkat tema Advancing Innovation for Global Aviation Development’ atau ‘Memajukan Inovasi untuk Pembangunan Penerbangan Global’.