Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

TNI Polri Kompak Pastikan Pemilu 2024 Damai, Jamin Netralitas

Beberapa hal juga kita bicarakan misalnya di tengah isu ketidaknetralan. Namun di sisi lain kami juga harus turun ke lapangan karena untuk memastikan kegiatan tahapan Pemilu.

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyambut harmonisasi TNI Polri dalam mengawal Pemilu 2024 agar berjalan lancar dan kondusif.

Hal ini disampaikan Kapolri saat menerima Courtesy Call Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto di kantornya, Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (5/12).

“Saat ini kita dihadapkan dengan berbagai macam tugas. Yang pertama bagaimana mengawal agar pemilu berjalan dengan aman, lancar, dan damai,” kata Sigit dalam keterangannya seperti dikutip Holopis.com.

Statemen ini juga disampaikan Sigit untuk merespons isu tentang netralitas aparat dalam pelaksanaan Pemilu 2024 dari sejumlah kalangan. Dalam kesempatan itu, Listyo juga menyatakan kekompakannya dengan Panglima TNI untuk memastikan pelaksanaan aparatur di lapangan berjalan dengan baik.

“Beberapa hal juga kita bicarakan misalnya di tengah isu ketidaknetralan. Namun di sisi lain kami juga harus turun ke lapangan karena untuk memastikan kegiatan tahapan Pemilu,” ujarnya.

Mantan Kabareskrim Mabes Polri itu juga memastikan, bahwa pelaksanaan kampanye sampai dengan kegiatan di TPS (tempat pemungutan suara), pengawalan rekapitulasi surat suara, termasuk menghadapi sengketa pemilu, seluruhnya dapat berjalan dengan aman dan damai tanpa ada gejolak yang berarti.

Meskipun demikian, Kapolri juga menyampaikan bahwa di dalam pesta demokrasi pasti akan terjadi perbedaan pendapat atau pilihan. Namun, konflik yang muncul harus bisa dikelola dengan baik agar tidak memicu gesekan-gesekan sosial yang membuat disintegrasi.

“Tugas kami bagaimana mengawal agar demokrasi dapat berjalan dengan baik,” tegasnya.

Salah satu upaya antisipatif ekstra juga dikonsentrasikan di Papua. Karena menurut Kapolri, keamanan Papua juga menjadi hal yang utama dalam pembahasan di pertemuan TNI Polri tersebut. Ia menegaskan bahwa TNI Polri juga akan terus mengawal dan menjaga berbagai macam program pembangunan yang dicanangkan Pemerintah agar berjalan dengan baik dan lancar.

“Saya kira bagaimana sinergisitas ke depan semakin baik dalam pendidikan termasuk latihan kita sehingga semua berjalan dengan baik, “pungkas Kapolri.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

KPK Dalami Penempatan Dana Taspen ke Sejumlah Sekuritas

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap penempatan...

Rugi Puluhan Juta Rupiah, Pengusaha Karawang Lapor Proyek Fiktif ke Polres

Ferry Dharmawan, seorang pengusaha asal Karawang, melaporkan dugaan penipuan dan penggelapan yang dilakukan oleh pria berinisial EA ke Polres Karawang. Dugaan tersebut terkait proyek fiktif yang menyebabkan kerugian materiil bagi Ferry, setelah ia menyerahkan uang puluhan juta rupiah.

Bamsoet Sambut Gembira Wacana Silaturrahmi Prabowo – Mega

Politikus senior Golkar sekaligus Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendukung wacana pertemuan antara presiden terpilih Prabowo Subianto dan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru