BerandaHolopodPerbedaan Gunung Merapi dan Gunung Marapi dari Lokasi hingga Larangan Pendakian

Perbedaan Gunung Merapi dan Gunung Marapi dari Lokasi hingga Larangan Pendakian

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Dilihat dari nama kedua gunung ini, memang mirip. Namun, Gunung Merapi dan Gunung Marapi yang erupsi baru – baru ini berbeda. Seperti dari lokasi dan ketinggiannya.

Berikut ini perbedaan Gunung Merapi dan Gunung Marapi :

Perbedaan pertama yang paling jelas, yakni lokasi. Gunung Merapi terletak di 4 kabupaten yaitu Sleman, Magelang, Boyolali, dan Klaten. Itu berarti Gunung Merapi terletak di dua provinsi, yaitu Jateng dan DIY. Sementara itu, Gunung Marapi berlokasi terletak di Kabupaten Agam dan Batusangkar (Tanah Datar), Sumatera Barat.

Perbedaan kedua pada ketinggian dari masing – masing gunung, yakni Gunung Merapi memiliki ketinggian 2.968 mdpl dan Gunung Marapi berada diketinggian 2.891 mdpl.

Penerbit Iklan Google Adsense

Perbedaan ketiga, berdasarkan data Magma Indonesia, Gunung Merapi saat ini sedang dalam level III Siaga. Artinya, terdapat peningkatan aktivitas berdasarkan pengamatan visual dan instrumental.

Sedangkan Gunung Marapi berstatus Level II Waspada. Gunung Marapi kini tengah mengalami erupsi. Terdapat 3 daerah yang terkena dampak hujan abu vulkanik, yaitu Agam, Tanah Datar, dan Bukittinggi.

Perbedaan keempat, yakni pendakian gunung Merapi sudah dilarang sejak November 2020 karena statusnya naik menjadi Level III Siaga. Bahkan, petugas melakukan penjagaan di Selo dan Sapuangin untuk mencegah pendaki yang nekat naik.

Sementara di Gunung Marapi belum terdapat larangan mendaki. Bahkan, dilaporkan masih ada 70 pendaki yang berada di puncak Gunung Marapi ketika terjadi erupsi (3/12) kemarin.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

00:00:00

Live Streaming : Pengumuman Prabowo-Gibran Pemenang Pilpres 2024

Rencananya, Prabowo Gibran bakal hadir secara langsung di kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029 terpilih.
00:00:00

Live Streaming : Pembacaan Putusan Sengketa PHPU 2024 di Mahkamah Konstitus

Agenda sidang pembacaan putusan perkara sengketa PHPU (Perselisihan Hasil Pemilihan Umum) pada hari Senin, 22 April 2024 di Gedung MK, Gambir, Jakarta Pusat.

LIVE : Sidang Isbat 1 Syawal 1445 H

Live Streaming sidang isbat penetapan 1 Syawal 1445 H oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.
00:00:00

Live Streaming Sidang Sengketa PHPU di MK, Rabu 3 April 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang lanjutan sengketa perselisihan hasil pemilihan umum (Pilpres 2024) yakni PHPU. Jadwal sidang hari ini, Rabu (3/4)...
00:00:00

Live Streaming : Sidang PHPU 2 April 2024, Pemohon II Hadirkan Saksi dan Ahli

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Hari ini Mahkamah Konstitusi (MK) sedang menyelenggarakan siaran langsung sidang PHPU (perselisihan hasil pemilihan umum) tentang Pilpres 2024. Agenda hari ini,...
00:06:10

Perjalanan Prabowo Subianto di Pilpres 2024 Menuju Bangku Presiden

Majunya Prabowo Subianto di Pilpres 2024, diawali dari permintaan para kader Partai Gerindra. Kemudian buat koalisi, hingga akhirnya menang.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS