Categories: Polhukam

Martinus Hukom Digeser, Dari Densus 88 ke BNN

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Asisten Kapolri bidang SDM Kapolri, Irjen Pol Dedi Prasetyo menyampaikan, bahwa pengganti Kepala BNN (Badan Narkotika Nasional) Komjen Pol Petrus Golose adalah Irjen Pol Martinus Hukom.

Hal ini karena Komjen Pol Petrus Golose akan segera memasuki masa pensiun, yakni pada tanggal 27 November 2023 mendatang karena memasuki usia 58 tahun.

“Penggantinya Irjen Matinus Hukom,” kata Irjen Pol Dedi dalam keterangannya di Jakarta, Senin (4/12) seperti dikutip Holopis.com.

Martinus Hukom saat ini adalah Kepala Detasemen Khusus 88 (Densus 88 Antiteror) Mabes Polri.

Dedi yang juga mantan Kadiv Humas Mabes Polri tersebut membenarkan bahwa Keputusan Presiden (Keppres) tentang pengangkatan Marthinus Hukom menjadi Kepala BNN sudah keluar.

“Keppres sudah turun,” ujarnya.

Sehingga dengan demikian, pihaknya tinggal menunggu saja agenda pelantikan yang akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo.

“Tinggal menunggu pelantikan,” jelasnya.

Pun demikian, Irjen Pol Dedi Prastyo tak merinci apa yang menjadi alasan mengapa Marthinus Hukom direkomendasikan menjadi Kepala BNN.

Sementara itu, kursi Kadensus 88 Antiteror Mabes Polri masih kosong usai ditinggal Marthinus Hukom. Pun demikian, pengganti Marthinus tersebut akan ditentukan setelah pelantikan Kepala BNN oleh Presiden.

Sekadar diketahui Sobat Holopis, bahwa Marthinus Hukom adalah alumni Akpol angkatan tahun 1991. Basic yang dimiliki oleh Marthinus di bidang Kepolisian adalah reserse. Namun dia lebih sering bersentuhan dengan persoalan terorisme.

Ha ini dimulai saat dirinya berdinas di Polda Metro Jaya. Ia pernah dipercaya menjadi Kepala Tim Anti Teror Bom di Polda Metro pada tahun 2001 – 2002. Kemudian ia dipercaya menjadi analis intelijen Satgas Anti Teror Mabes Polri pada tahun 2002 – 2015. HIngga akhirnya, ia dipercaya juga menjadi Kepala Bidang Intelijen Densus 88 Anti Teror Mabes Polri pada tahun 2010 – 2015.

Alumni Kajian Stratejik Intelijen Pascasarjana Universitas Indonesia dan penempuh program doktor filsafat terorisme di Sekolah Tinggi Filsafat Driyakarta Jakarta tersebut kini sudah tercatat sebagai Kepala BNN.

Muhammad Ibnu Idris

Penikmat sambal matah dan sambal bajak.

Share
Published by
Muhammad Ibnu Idris

Recent Posts

Gibran Larang Kaesang Maju di Pilkada Jakarta

Gibran Rakabuming Raka menegaskan tidak akan memberikan dukungan kepada adiknya, Kaesang Pangarep untuk maju di…

1 menit ago

Fadil Jaidi Nangis Tersedu-sedu Ditinggal Nikah Sahabat

Youtuber terkenal Faidl Jaidi tampak tak bisa menahan rasa harunya di hari pernikahan sang sahabat,…

16 menit ago

PPP Pertimbangkan Dukung Bobby dan Nagita Slavina di Pilgub Sumut

PPP mengungkapkan bahwa pihaknya sampai saat ini masih mempertimbangkan untuk mendukung Bobby Nasution maju di…

31 menit ago

Raffi Ahmad Beri Sinyal Bakal Terjun ke Politik

Raffi Ahmad menjawab kabar bahwa dirinya bakal diusung dalam Pilkada Serentak 2024. Suami dari Nagita…

46 menit ago

Gibran Bantah Rajin ke Jakarta Demi Endorse Kaesang Pangarep

Wakil Presiden Terpilih periode 2024-2029 Gibran Rakabuming Raka menjelaskan alasannya belakangan ini sering berkunjung ke…

1 jam ago

Kaesang Pangarep : Jateng Punya Masalah Kompleks

Ketua Umum PSI (Partai Solidaritas Indonesia) Kaesang Pangarep mulai melirik potensi untuk maju di Pilkada…

1 jam ago