Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Kejaksaan Dalami Korupsi Tol MBZ Melalui Staf Keuangan PT Bukaka

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Penyidik Pidana Khusus Kejaksaan Agung terus mendalami kasus korupsi Tol MBZ alias Japek II dengan memeriksa sejumlah kontraktor, termasuk PT Bukaka Teknik Utama.

Dimana kali ini pemeriksaan terhadap Invoice dan Penagihan PT. Bukaka Teknik Utama (BTU) inisial AMS ikut diperiksa dugaan persekongkolan jahat pergantian kerangka jembatan Tol MBZ.

Kapuspenkum Kejaksaan Agung, Ketut Sumedana pun tidak banyak menjelaskan perihal pemeriksaan AMS dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi yang merugikan negara sekitar Rp 1, 5 triliun tersebut.

“Pemeriksaan ini bagian memperkuat pembuktian dan melengkapi pemberkasan sekaligus membuat terang tindak pidana,” kata Ketut dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (5/12).

Seperti diketahui, Bukaka bersama PT. Krakatau Steel memasok baja untuk pengerjaan Tol layang sepanjang 36, 4 Km dalam bentuk Kerja Sama Operasi (KSO). Mereka adalah Subkontraktor.

Sementara, Kontraktor Tol MBZ alias Japek II adalah PT. Waskita Karya dan PT. Acset Indonusa. Mereka membentuk KSO Waskita -Acset. Nilai proyek Rp 13, 5 triliun. Sedangkan biaya Konstruksi Rp 11, 69 triliun.

Sampai saat ini baru 4 tersangka yang ditetapkan dari unsur pemilik proyek, konsultan dan subkontraktor tanpa unsur Kontraktor. Pengerjaan proyek ini sempat meninggalkan silang pendapat antara Bukaka dengan Kontraktor.

Bahkan, Jusuf Kalla (Mantan Wapres) harus turun dan bicara kepada Pers soal belum dibayar kewajiban Waskita kepada Bukaka hingga Rp 300 miliar. Bukaka sendiri diketahui dimiliki oleh adik dan putra Jusuf Kalla yang sempat menjadi Wapres dua kali era SBY dan Jokowi.

Dari empat tersangka yang telah ditetapkan, salah satunya Direktur Operasional II BTU Sofiah Balfas. Dia dijadikan tersangka setelah diperiksa dua kali dan ditemukan alat bukti sehingga dijadikan tersangka dalam proses penyidikan berlangsung.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jerry Massie Sarankan Budi Arie Mundur, Tak Becus Urus Serangan Siber dan Judol

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur eksekutif Political and Public Policy...

Habib Syakur Sarankan Rizieq Shihab Tak Perkeruh Suasana

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Inisiator Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK) Habib...

Jokowi Bakal Lantik Pengganti Definitif Pramono Anung

Pihak Istana tidak menampik adanya peluang Presiden Jokowi (Joko Widdodo) untuk melantik Sekertaris Kabinet definitif pengganti Pramono Anung.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru