5 Tips Redakan Kram Menstruasi yang Sakitnya Bikin Guling-guling

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Saat sedang melewati hari pertama datang bulan, biasanya para kaum hawa merasakan rasa sakit atau kram di area bawah perut mereka. Tak semua sama, setiap orang memiliki rasa sakit yang berbeda-beda.

Ada yang hanya sakit sebentar, ada yang bahkan tidak bisa bergerak karena harus menahan peri. Bagi yang menahan rasa sakit yang luar biasa, aktivitas sehari-hari pun bisa terganggu.

Namun jangan khawatir, ini dia tips-tips untuk meredakan kram menstruasi pada hari pertama, agar bisa mengurangi rasa sakit dan rasa tidak nyaman.

1. Pemanasan dengan Bantal Pemanas

Letakkan bantal pemanas atau botol air hangat di perut bagian bawah untuk membantu mengurangi kekakuan otot dan meredakan kram. Cara ini bisa  dicoba saat sedang berada di rumah dan baringkan tubuh di atas tempat tidur atau sofa yang lembut.

2. Minum Air Hangat

Meskipun terkesan sederhana, tetapi ini adalah cara yang mampu membuat rasa sakit akibat mensturasi Sobat Holopis menjadi lebih ringan. Sobat Holopis bisa meminum air hangat atau teh herbal saat kram sedang tak bisa ditahan minuman hangat dapat membantu melemaskan otot dan meredakan rasa ketidaknyamanan.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Tak hanya minuman hangat atau kompres panas, memilih makanan juga tak kalah pentingnya. Pilihlah makanan yang kaya akan magnesium, seperti kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran hijau, yang dapat membantu mengurangi kram.

4. Olahraga Ringan

Siapa bilang kram mentrsuasi tidak bisa membuat Sobat Holopis bergerak sama sekali. Saat rasa sakit sedang mereda, gerakan ringan, seperti berjalan atau senam ringan, dapat membantu meningkatkan aliran darah dan meredakan kram. Namun, hindari olahraga yang terlalu intens.

5. Pijatan Pelan di Perut

Sobat Holopis juga bisa melakukan pijatan lembut pada perut dengan menggunakan minyak aromaterapi atau minyak almond untuk membantu meredakan ketegangan otot. Tetapi jangan menekan perut terlali kencang ya.

Apa reaksi kamu ?
+1
0
+1
0
+1
0
Editor : MIB
quick count

BERITA TERBARU

TERPOPULER