Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Gegara Covid-19, Target Dunia Bebas HIV/AIDS di 2030 Bisa Mundur

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Peneliti yang sekaligus penemu virus HIV/AIDS pertama di Indonesia, Prof Zubairi Djoerban menyampaikan kabar terkait target dunia terbebas dari virus HIV/AIDS di tahun 2030.

Dia mengatakan, target yang dicetuskan oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO itu bisa saja mundur hingga ke tahun 2035 target.

“Cita-cita Bebas HIV/AIDS 2030 mungkin saja harus tertunda. Mundur ke 2032 atau bahkan ke 2035,” kata Zubairi seperti dikutip Holopis.com dari cuitannya di aplikasi X, Jumat (1/12).

Zubairi menjelaskan, bahwa mundurnya target tersebut terjadi lantaran tata laksana HIV/AIDS yang menurun di sejumlah negara, termasuk Indonesia, karena adanya pandemi Covid-19.

Saat pandemi Covid-19 menghantam dunia, banyak negara yang mengalokasikan anggarannya, untuk tata laksana Covid-19 di Indonesia. Sehingga tata laksana penyakit menular lainnya, termasuk HIV/AIDS menjadi terganggu.

“Pandemi Covid-19 mengharuskan konsentrasi, baik itu sumber dana maupun SDM beralih untuk tata laksana Covid-19,” tutur Zubairi.

Akibatnya, kasus HIV/AIDS di sejumlah negara, seperti Amerika mengalami peningkatan. Bahkan, kata Zubairi angka kunjungan orang dengan HIV/AIDS atau ODHA ke dokter di Inggris pun menurun.

“Bisa dibayangkan bahwa di Amerika, kota-kota besar, female transgender yang terinfeksi HIV/AIDS rata-rata di atas 50%,” katanya.

Namun kabar baiknya, lanjut Zubairi, para penderita HIV/AIDS atau yang sering disebut ODHA saat ini dalam kondisi sehat, bahkan lebih sehat ketimbang orang-orang tanpa HIV yang seusia mereka.

Dia menjelaskan, bahwa hal itu terjadi karena mereka tetap rutin mengonsumsi obat saat pandemi Covid-19.

“Saat itu mereka mengakses obat dengan berani bertatap muka langsung dengan dokter maupun telemedicine,” katanya.

Lebih lanjut, Zubairi berharap agar tata laksana HIV/AIDS dapat terus dilakukan dengan baik. Sehingga target dunia terbebas dari penyakit menular seksual itu dapat segera tercapai.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru