HOLOPIS.COM, JAKARTA – Manga Detektif Conan karya Gosho Aoyama yang seharusnya mulai dijual pada 10 Januari 2024 mendatang, dikabarkan akan hiatus hingga edisi ketujuh. Hal ini diumumkan di edisi pertama majalah Weekly Shounen Sunday Shogakukan tahun 2024 yang terbit pada hari Rabu, 29 November 2023.

Namun, bukan tanpa alasan manga ini mengalami hiatus, melainkan hal ini dilakukan untuk merayakan hari ulang tahun waralaba ini yang ke-30 tahun. Dan untuk pencapaian tersebut, akan diadakan pameran Detektif Conan yang menampilkan enam tema berbeda yang akan dibuka di seluruh Jepang, dimulai dengan Tokyo pada 12 Januari 2024.

Sang pencipta manga Detektif Conan, Gosho Aoyama membagikan pesan video khusus tentang pameran ulang tahun tersebut di YouTube pada hari Selasa (28/11).

Dalam pengumuman ini juga diungkapkan peluncuran film Conan ke-27 yang akan diberi judul Hyakuman Doru no Michishirube (Bintang Pemandu Lima Sejuta Dolar) dan menampilkan pertarungan antara Heiji Hattori dan Kaito Kid.

Film yang dijadwalkan rilis pada 12 April 2024 ini akan melibatkan Kaito Kid yang mencoba mencuri “permata besar” senilai satu juta dolar di Hakodate, Jepang, serta kemungkinan pengakuan antara Heiji dan teman masa kecilnya Kazuha.

Sekedar untuk diketahui, Aoyama meluncurkan manganya pada tahun 1994. Manga ini kemudian melahirkan anime televisi yang telah tayang sejak tahun 1996, serta serial film anime yang menyertainya. Film ke-26 dalam seri ini, Detective Conan: Kurogane no Submarine (Iron Submarine), dibuka di Jepang pada 14 April lalu.

Film ini menjadi film dengan pendapatan tertinggi ke-19 sepanjang masa di Jepang, dan film ke-2 tahun ini di Jepang, hanya di bawah The Super Mario Bros. Movie.

Tiga manga spin-off ini baru saja menginspirasi adaptasi anime: Meitantei Conan Keisatsu Gakkō Hen Wild Police Story (Detective Conan: Police Academy Arc Wild Police Story), Detective Conan: Hannin no Hanzawa-san, dan Detective Conan: Zero no Tea Time.