4 Tips Atasi Asma Agar Tidak Semakin Parah

lustrasi seorang wanita idap asma
lustrasi seorang wanita idap asma. [Foto : Ist]

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Asma merupakan suatu penyakit radang yang menyerang di bagian paru – paru dan memberi gejala seperti sesak napas, batuk, dan mengi. Namun, gejala asma pada setiap individu bergantung pada penyebab awal bisa terkena asma.

Seseorang yang mengidap asma memiliki saluran pernapasan yang buruk artinya saat terjadi iritasi pada paru – paru dapat membuat saluran pernapasan menjadi sempit sehingga menghambat udara untuk bisa masuk ke dalam paru – paru.

Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk meringankan gejala asma:

  1. Melakukan olahraga ringan

Bagi penderita asma tetap diperbolehkan melakukan aktivitas berolahraga agar bisa melatih pernafasan dengan baik dan juga menjaga kebugaran tubuh. Anda sebaiknya memilih olahraga yang pas berdasarkan saran dokter supaya penyakit asma tidak menjadi parah.

  1. Melakukan pemeriksaan secara berkala

Perkembangan asma perlu diperhatikan dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin ke dokter. Apabila di kemudian hari penyakit asma semakin kambuh, kamu harus segera mengecek kondisi asma ke dokter.

  1. Mengonsumsi obat sesuai resep dokter

Pasien yang mengidap penyakit asma dapat meringankan gejala asma dengan mengonsumsi obat – obatan dari dokter setelah melakukan pemeriksaan kesehatan. Pada umumnya, jenis obat yang diberikan bagi penderita asma adalah obat controller atau obat untuk mengendalikan asma dan obat pelega nafas.

  1. Hindari pemicu asma

Cara untuk melindungi diri supaya penyakit asma tidak semakin parah yaitu menjauh dari asap rokok, menghindari seseorang yang sakit flu atau bersin, menggunakan masker saat ada debu berterbangan ataupun polusi udara yang kotor, dan menghindari aroma menyengat seperti parfum.

Exit mobile version