Ma’ruf Amin Anggap Fatwa MUI Berpotensi Merugikan Banyak Pihak

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin mendesak adanya pihak yang memberikan penjelasan lebih detail terhadap tindak lanjut fatwa yang telah dikeluarkan oleh MUI tentang dukungan terhadap perjuangan Palestina.

Pasalnya, Ma’ruf sendiri mengakui bahwa memang sampai saat ini belum ada kejelasan mengenai produk mana saja yang dianggap terafiliasi dengan Israel.

“Tetapi, agar supaya tidak ke mana-mana, itu memang harus ada penjelasan dari pihak terkait, yang mengetahui sebenarnya produk mana saja yang memang terafiliasi,” kata Ma’ruf dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (24/11).

Ma’ruf pun menegaskan, langkah tersebut perlu segera dilakukan karena jika terlambat justru akan merugikan pihak lainnya yang sebenarnya tidak terlibat.

“Supaya tidak semua ke mana-mana, nabrak ke mana-mana, sehingga itu bisa juga merugikan banyak pihak,” imbuhnya.

Meski begitu, Ma’ruf juga tidak mau menyalahkan sepenuhnya fatwa MUI yang justru menimbulkan pertanyaan baru di masyarakat.

“Saya kira MUI tentu menjalankan tugasnya dalam rangka mendukung Palestina, juga sejalan dengan pemerintah. MUI, selain melakukan rapat umum, dia juga buat fatwa untuk tanda bahwa dia mendukung,” klaimnya.

Sebelumnya, Fatwa MUI Nomor 83 Tahun 2023 tentang Hukum Dukungan terhadap Perjuangan Palestina itu dikeluarkan pada 8 November 2023. Fatwa tersebut menjelaskan mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina atas agresi Israel hukumnya wajib, sedangkan mendukung agresi Israel terhadap Palestina hukumnya haram.

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Cak Imin soal Anies Mau Bikin Partai : Berat, Biar Saya Saja

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin ikut memberikan komentar terkait rencana Anies Baswedan untuk membentuk partai politik.

Rangkuman Kunjungan Prabowo ke 5 Negara Hanya Dalam 3 Hari

Dalam kurun Waktu 3 hari, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto sekaligus presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto mengunjungi 5 negara. Pada kunjungan tersebut, Prabowo langsung bertemu dengan pimpinan negara-negara yang ia kunjungi.

Habib Syakur Kecewa Ada Rencana Aspel Pasukan Berani Mati Jokowi

Inisiator Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK) Habib Syakur Ali Mahdi Al Hamid kaget dengan adanya seruan apel akbar pasukan yang hendak diselenggarakan oleh segerombolan orang yang mengatasnamakan Pasukan Berani Mati Pembela Jokowi pimpinan Sukodigdo Wardoyo.
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru