Tema dan Logo Hari Milad ke-111 Muhammadiyah, Lengkap Beserta Link Downloadnya

Muhammdiyah
Logo Milad Muhammadiyah 2023. [Foto : Dok. Muhammadiyah]

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Salah satu organisasi Islam di Indonesia, Muhammadiyah akan segera merayakan hari Milad alias hari ulang tahun sejak didirikan pada 8 Dzulhijah 1330 Hijriyah atau 18 November 1912.

Berdasarkan perhitungan kalender Masehi, organisasi besutan KH Ahmad Dahlan itu akan memasuki usia ke-111 di tahun ini, sedangkan jika berdasarkan perhitungan kalender Hijriyah, usia Muhammadiyah sudah 114 tahun.

Adapun pada Milad ke-111 tahun Muhammadiyah yang jatuh pada hari ini, Sabtu 18 November 2023, Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan tema dan logo Milad Muhammadiyah 2023.

Ketetapan itu tertuang dalam Keputusan PP Muhammadiyah Nomor 735/KEP/I.0/E/2023, yang ditetapkan di Yogyakarta pada tanggal 23 Oktober 2023 lalu.

Tema Milad Muhammadiyah 2023

Sebagaimana dikutip Holopis.com dari laman resmi Pengurus Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah (PWM Jateng), perayaan Milad ke-111 Muhammadiyah mengambil tema ‘Ikhtiar Menyelamatkan Semesta’.

Logo Milad Muhammadiyah 2023

Selain tema, PP Muhammadiyah juga telah merilis logo 111 Tahun Milad Muhammadiyah. Desain yang tertuang dalam logo tersebut merepresentasikan sebuah keteguhan.

Hal ini mengacu pada kondisi kehidupan yang semakin memprihatinkan, terjadinya peperangan, konflik yang berkelanjutan, perubahan iklim dan bencana alam menjadi acuan untuk meneguhkan Muhammadiyah dalam berikhtiar untuk memberikan peran kontributif dan serta solusinya dalam menyelamatkan semesta.

Jika melihat di setiap elemen yang terbentuk pada Logo Milad Muhammadiyah ke-111 memiliki makna sebagai berikut :

  • Arah panah ke atas merupakan representasi dari keteguhan dalam mengupayakan suatu tujuan.
  • Angka ‘1’ yang berbeda-beda setiap ukurannya adalah representasi dari Muhammadiyah sebagai induk organisasi, organisasi otonom dan seluruh Amal Usaha yang berikhtiar bersama untuk menyelamatkan semesta.
  • Sinar matahari menjadi representasi dari pengaruh Muhammadiyah dalam segala hal mencakup bidang kehidupan. Layaknya sinar matahari yang selalu menyinari, Muhammadiyah diharapkan mampu memberikan dampak positif di setiap gerakannya.

Adapun perayaan Milad Muhammadiyah ke-111 menjadi batu loncatan bagi seluruh umat beragama dan sesama manusia dalam memberikan kontributif dan aksi nyata dalam menyelamatkan dan mendamaikan semesta.

Berikut link download logo Milad Muhammadiyah 2023, lengkap beserta pedomannya di sini.

Exit mobile version